BeritaBerita Jabar NewsBudayasekolahSeni (Art)

Festival Teater Musikal Remaja ke-8 Tahun 2024 Segera Digelar di Gedung Kesenian Rumentang Siang Kota Bandung

Berita Jabar News (BJN), Kota Bandung, Senin (19/08/2024) – Festival Teater Musikal Remaja (FTMR) ke-8 Tahun 2024 segera digelar Teater Bel Bandung di Gedung Kesenian (GK) Rumentang Siang, Jln. Baranang Siang No.1, Kb. Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung pada 20-25 Agustus 2024 pukul 09.00 – 17.30 WIB.

FTMR 2024 se Jawa Barat tersebut difasilitasi melalui program layanan produksi kegiatan kebudayaan kategori pendayagunaan ruang publik, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), Dana Indonesiana, dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Menurut Ketua Pelaksana FTMR 2024, kegiatan ini merupakan ajang lomba pertunjukan teater musikal dengan peserta dari perwakilan kelompok teater remaja/pelajar SMA, MA, dan SMK di Jawa Barat.

“Sejak tahun 2011 Teater Bel Bandung menginisiasi FTMR. Festival yang digelar kali ke-8 tahun 2024 ini diikuti oleh 25 komunitas teater remaja atau pelajar SMA/SMK/MA di Jawa Barat,” ujar Yanto panggilan akrab Sudiyanto dalam keterangan persnya, senin (19/08/2024).

Pertunjukan teater
Ilustrasi: Salah satu pertunjukan teater – (Sumber: Hermana/BJN)

Yanto menambahkan, para peserta FTMR 2024 wajib mementaskan cerita rakyat bersumber dari legenda, dongeng atau mitos yang disediakan para penulis naskah teater yang ditunjuk langsung oleh Teater Bel Bandung dengan durasi pertunjukan selama 40 menit.

Setiap peserta wajib memilih satu dari enam naskah yang disediakan panitia, diantaranya; Baridin dan Ratimah (Cerita Rakyat Cirebon) karya Yusef Muldiyana, Mundinglaya (Cerita Rakyat Jawa Barat) karya Asep Budiman, Siluman Buaya Putih (Cerita Rakyat Sumedang) karya Hermana HMT, Putri Ratna Pandan Kuning (Cerita Rakyat Kuningan) karya Agustina K. Dewi, Kian Santang dan Dewi Rengganis (Cerita Rakyat Bandung Selatan) karya Rosyid E. Abby, dan Mustika Lana Situ Panjalu (Cerita Rakyat Ciamis) karya Dhipa Galuh.

Flyer Festival Teater Musikal Remaja (FTMR) ke-8 Tahun 2024
Festival Teater Musikal Remaja (FTMR) ke-8 Tahun 2024 – (Sumber: Hermana/BJN)

Dewan juri FTMR 2024 terdiri dari akademisi dan pelaku seni teater, musik, dan tari yang sudah malang melintang mewacanakan seni pertunjukan Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, di antaranya: Ayo Sunaryo, Embie C. Noor, Erry Anwar, Iman Soleh, dan Ismet Ruchimat.

“Teater musikal adalah bentuk teater yang menggabungkan musik, lagu, tarian, dan dialog. Teater musikal berbeda dengan opera, operette, dan genre lainnya yang lebih menekankan pada musik daripada dialog atau gerak. Teater musikal bisa bercerita tentang berbagai tema dan gaya, mulai dari tragedi hingga komedi, dari klasik dan modern,” ungkap Yanto.

Ketua Pelaksana FTMR 2024 ini menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan dan membangkitkan kembali gairah para remaja di Jawa Barat yang selama pandemi covid 19 meredup. Bahkan, kelompok teater remaja terutama dikalangan pelajar SMA/SMK/MA yang sempat tumbuh semarak, saat itu banyak yang tidak aktif.

Selain itu, Teater Bel Bandung juga berusaha menggali dan mengangkat khasanah sastra daerah sebagai bagian dari budaya Nasional. Mengenalkan cerita rakyat Indonesia khusunya Jawa Barat pada kaum milenial sebagai upaya menjaga ketahan budaya bangsa, sekaligus sebagai sarana promosi, komunikasi kelompok teater remaja khusunya pelajar SMA/SMK/MA di Jawa Barat.

“Memupuk para remaja untuk lebih mencintai teater Indonesia. Meningkatnya kreativitas, produktifitas para remaja/pelajar di bidang teater, juga meningkatkan kecerdasan para remaja/pelajar SMA/MA/SMK melalui teater,” pungkas Yanto. (Her/BJN).

***

Judul: Festival Teater Musikal Remaja ke-8 Tahun 2024 Segera Digelar di Gedung Kesenian Rumentang Siang Kota Bandung
Editor: JHK

WORKSHOP SESI TECHNICAL MEETING FESTIVAL TEATER MUSIKAL REMAJA SE-JAWA BARAT:

SESI 2 WORKSHOP & TECHNICAL MEETING FESTIVAL TEATER MUSIKAL REMAJA ANTAR SMA/SEDERAJAT SE-AWA BARAT

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *