BeritaBerita Jabar Newspendidikan

Konten Kreator Muda Sumedang Utara Siap Gaungkan Desa ke Dunia

BERITA JABAR NEWS (BJN), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (11/08/2024) – Para konten kreator muda desa dari Kecamatan Sumedang Utara siap menggaungkan potensi desa kepada dunia. Semangat tersebut terungkap dalam pelatihan bertajuk “Peningkatan Kapasitas Produksi Video Pembelajaran untuk Konten Kreator  Desa Tahun 2024” yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa PDTT) Republik Indonesia.

Acara pelatihan yang ditujukan untuk konten kreator muda desa dari Kecamatan Sumedang Utara tersebut dilaksanakan mulai 9 Agustuas – 14 Agustus 2024 bertempat di Aula Desa Kebonjati, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Pembukaan pelatihan konten kreator di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang - (Sumber: RG/BJN)
Pembukaan pelatihan konten kreator di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang – (Sumber: RG/BJN)
Peningkatan Kapasitas Produksi Video Pembelajaran untuk Konten Kreator  Desa Tahun 2024
Suasana pelatihan bertajuk “Peningkatan Kapasitas Produksi Video Pembelajaran untuk Konten Kreator  Desa Tahun 2024” – (Sumber: RG/BJN)

“Sejumlah 24 orang pemuda yang berasal dari dua desa yaitu Desa Kebonjati dan Desa Sirna Mulya, ditambah dua orang kader digital dari masing-masing desa dan para pendamping desa diberikan pembekalan secara teori hingga praktik terkait produksi video pembelajaran yang nantinya akan di unggah melalui Online Video Platform (OVP),” ungkap Habib Salim, perangkat Desa Kebonjati dalam sambutannya saat pembukaan acara pelatihan, mewakili Kepala Desa.

Salim berharap para pemuda dari dua desa  mampu mengabarkan potensi yang ada di desa mereka ke dunia luar melalui dunia maya.  Menurutnya, Desa Kebonjati memiliki banyak potensi yang bisa digali dan dikabarkan.

“Setidaknya ada tiga potensi desa yang menjadi unggulan di sini yaitu biogas, ketahanan pangan, dan pariwisata,” ujar Salim memberikan semangat kepada para peserta pelatihan.

Lebih jauh Salim menjelaskan bahwa produksi biogas yang berada di Dusun Giri Harja saat ini sudah mampu melayani kebutuhan gas untuk masyarakat di dua rukun tetangga (RT).  Pihaknya saat ini masih terus mengembangkannya. Sementara itu untuk ketahanan pangan, pihak desa memiliki lahan pertanian yang dikerjasamakan dengan petani setempat untuk ditanami berbagai tanaman pangan di antaranya adalah jagung dan cabai.

“Karena itu saya berharap para peserta serius mengikuti pelatihan sehingga bisa diaplikasikan untuk membuat video pembelajaran yang nantinya dipublikasikan baik ke OVP atau ke media sosial lainnya,” tambah Salim.

Sementara itu, mewakili pihak Kementerian Desa PDTT, Dr. H. Nurdin Ibrahim, S.H., M.Si., mengatakan bahwa para konten kreator muda ini adalah garda terdepan dalam memperkenalkan desa masing-masing.

Foto bersama para peserta pelatihan bersama pelatih Daerah dan Pelatih Nasional,serta pihak Kemendes PDTT
Foto bersama para peserta pelatihan bersama pelatih Daerah dan Pelatih Nasional,serta pihak Kemendes PDTT – (Sumber: RG/BJN)

“Potensi desa seperti  biogas, ketahanan pangan, dan pariwisata itu tentu sangat bisa sekali dikembangkan dan dieskpose. Saya baru saja bertugas dari Bali, di sana dari pariwisata saja masyarakat bisa hidup sejahtera,” tambah Nurdin.

Kegiatan selama empat hari ini akan dibimbing oleh tiga pelatih daerah yaitu Tahyudin, Berliana Samosir, dan Juntriana Hutagaol, serta  satu orang pelatih nasional,  Muhamad Agung.

Pada akhir acara pembukaan, para konten kreator desa pun menegaskan kembali tekad mereka, yaitu, “Konten kreator desa, mencintai desa dengan karya!” (Rohman Gumiular/Tahyudin).

***

Judul: Konten Kreator Muda Sumedang Utara Siap Gaungkan Desa ke Dunia
Kontributor: Rohman Gumilar/Tahyudin
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *