BeritaberitajabarnewsBJNKomunitas

Rang Mudo Minangkabau, sepakat Reposisi “Mambangkik Batang Tarandam dari Perspektif Nan Mudo”

BERITA JABAR NEWS (BJN), Jakarta, Senin (16/09/2024) – Acara “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I” dipandu oleh MC Shinta Dewi Indriani dan Azhari Andi, dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Dr. Nielas, S.H., M.M., dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan lagu “Minangkabau” dipimpin oleh Rosi Dianti, dilanjutkan pembacaan doa oleh Jimmy Lukita.

Dalam kata sambutannya, Ir. Jasyanto Sahoer, M.M., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensponsori acara “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I” dan berharap dengan pemaparan oleh narasumber, tujuan untuk melakukan reposisi terhadap “Membangkik Batang Tarandam” dapat diwujudkan dalam bentuk output buku.

MC acara Mufakat Shinta Dewi Indriani & Azhari Andi
MC acara Mufakat Shinta Dewi Indriani dan Azhari Andi yang begitu kompak dan piawai dalam membawakan cara – (Sumber: Febri/FAMM)
Ketua Umum FAMM Drs.H. Guspardi Gaus, Msi, membuka dengan resmi acara Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I, didampingi oleh Ir. Jasyanto Sahoer, Ketua Panitia Pelaksana,MM. Prof.dr.H.Fasli Jalal,SPGk.PhD, Febri Satria Yazid,SE sekretaris Panpel dan Ir.M.Nazief E Siddik, MBA SekJen FAMM
Ketua Umum FAMM Drs.H. Guspardi Gaus, M. Si, membuka dengan resmi acara Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I didampingi oleh Ir. Jasyanto Sahoer, Prof.dr.H.Fasli Jalal,SPGk.PhD, Febri Satria Yazid,S.E. dan Ir. M. Nazief E. Siddik, M.B.A. – (Sumber: Febri/FAMM)
Peserta Luring Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I
Peserta Luring Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I – Febri/FAMM)

Sementara itu Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Alumni Mahasiswa Minang (FAMM) Drs. Guspardi Gaus, M.Si dalam sambutannya menekankan bahwa sebagai anggota DPR RI, dia telah berhasil meloloskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Adat Bersandi Syarak, Syarak Bersendi Kitabulllah menjadi Undang-undang dan itu merupakan modal bagi masyarakat Minangkabau khususnya untuk generasi muda untuk mengaplikasikan dalam berkedudukan di tengah-tengah masyarakat, baik yang berada di ranah maupun di rantau.

Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim acara secara resmi dibuka oleh Ketua FAMM. Lalu sesi pertama acara “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I” ini dimoderatori oleh Ir. Nazief Esiddik, M.B.A., dengan menghadirkan empat narasumber yaitu: 1. Prof.dr.H Fasli Jalal, SPGK.Ph.D.; 2. Drs. Andrinof Chaniago, M.Si.; 3. Ir. Rudi Maulana, S.T., M.T., CPP, CLA, dan; 4. Dr.Eng.Ir. Mairizal Zainuddin.

Ir. Rudi Maulana ST,MM, CPP, CLA, tokoh muda Minangkabau, owner Proxis sebagai Narasumber menyampaikan tentang Ekonomi dan Bisnis sebagai aspek kebangkitan pemuda Minangkabau.
Ir. Rudi Maulana, S.T,,M,M,, CPP, CLA, owner Proxis sebagai narasumber menyampaikan tentang Ekonomi dan Bisnis sebagai aspek kebangkitan pemuda Minangkabau – (Sumber: Febri/FAMM)
Materi bertema Pendidikan dan Teknologi Pembangunan disampaikan oleh Narasumber; 1. Prof.Dr.Efri Sandi, M,T,, 2. Azhari Andi, S.Ag. M.Ag., dan 3. Ir.Jasyanto Sahoer,M.M.
Materi bertema Pendidikan dan Teknologi Pembangunan disampaikan oleh Narasumber; 1. Prof.Dr.Efri Sandi, M,T,, 2. Azhari Andi, S.Ag. M.Ag., dan 3. Ir.Jasyanto Sahoer,M.M. – (Sumber: Febri/FAMM)

Sebelum isoma, acara sesi 1 ini menampilkan tari piriang  yang dibawakan oleh Sanggar Rosi. Pada saat rehat isoma (istirahat-sholat-makan) peserta Mufakat dihibur oleh organ tunggal yang menampilkan penyanyi dari peserta dan panitia pelaksana.

Selanjutnya pada pukul 13.00 WIB acara Mufakat sesi 2 dilanjutkan dengan Narasumber: 1. Prof. Dr. Efri Sandi, M.T.; 2. Dr. Hj. Rasmida, S.Sn., M.Sn. (daring dari ISI Padang Panjang ); 3. Azhari Andi, S.Ag., M.Ag., dan; 4. Ir. Jasyanto Sahoer, M.M., dengan moderator Benny Musthafa, M.Ag.

Sekretaris panitia berfoto bersama para pemenang kuis
Sekretaris panitia berfoto bersama para pemenang kuis – (Sumber: Febri/FAMM)
Penyerahan hadiah kuis kepada para pemenang
Sekretaris Panitia menyerahkan hadiah kuis kepada para pemenang – (Sumber: Febri/FAMM)
Penyerahan plakat ucapan terimakasih kepada Narasumber dilakukan pada setiap sesi Mufakat selesai
Penyerahan plakat ucapan terimakasih kepada narasumber dilakukan pada setiap sesi Mufakat selesai – (Sumber: Febri/FAMM)

Pada sesi ini, moderator memberi kesempatan bertanya kepada dua penanya during dan satu penanya daring.

Sebelum lanjut ke narasumber selanjutnya, kegiatan diselinggi tari Payung oleh KMM Jaya dan  kuis berhadiah total jutaan rupiah yang pertanyaan seputar materi yang disampaikan oleh narasumber.

Penari
Para penari yang turut menghibur para peserta “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I”. – (Sumber: Febri/FAMM)
penari dari sumatra barat
Para penari yang ikut menghibur para peserta “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I” – (Sumber: Febri/FAMM)

Kemudian Mufakat kembali dilanjutkan dengan narasumber Azmi Dtk Bagindo dengan moderator Edwel Dtk Gampo Alam. Lalu narasumber terakhir Mia Monasari, S.T., seorang profesional muda dengan moderator Azhari.

Acara diakhiri dengan kuis dan kata penutup dari Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya acara Mufakat ini dengan baik dan berterima kasih kepada semua pihak yang mensukseskan acara “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I”.

Sampai jumpa di “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional II” pada tahun depan ( fsy)

***

Judul: Rang Mudo Minangkabau, sepakat Reposisi “Mambangkik Batang Tarandam dari Perspektif Nan Mudo”
Jurnalis: Febri Satria Yazid
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *