BeritaBerita Jabar NewsBJN

Desa Cigugur Girang Rayakan HUT Desa ke-174 dengan Meriah

BERITA JABAR NEWS (BJN), Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Senin (16/06/2024) – Pemerintah Desa Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat sukses melaksanakan acara Hari Ulang Tahun (HUT) desa ke-174. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 14-15 September 2024 bertempat di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cigugur Girang.

Hadir dalam acara tersebut beberapa tamu undangan, di antaranya Kepala Desa Cihanjuang, Gagan Wirahma beserta ibu; Camat Parongpong, H. Herman Permadi, A.P., beserta ibu; Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), dan para tamu undangan lainnya.

Milangkala Desa Cigugur Girang
Lomba gerak jalan santai yang dimulai dengan start pembukaan oleh Kepala Desa Cigugur Girang, Priana, S.E., M.I.P., dan Anggota DPRD Kab. Bandung Barat, Hely Narni – (Sumber: Euis/BJN)

Perayaan HUT Desa Cigugur Girang berlangsung meriah. Beberapa acara hiburan digelar oleh panitia, seperti pentas seni dan tari yang diawali dengan upacara adat penyambutan berupa sisingaan dan lengser untuk menyambut tamu undangan. Acara dilanjutkankan dengan pertunjukan seni pencak silat yang sudah meraih prestasi dalam ajang lomba tingkat kabupaten maupun tingkat Propinsi Jawa Barat.

Malam hari digelar acara siraman rohani berupa pengajiaan dan tausiah yang disampaikan ulama. Kemudian dilanjut lagi pagi harinya dengan acara gerak jalan santai mengelilingi Desa Cigugur Girang. Masyarakat terlihat membludak dan begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Warga memenuhi halaman sekitaran kantor desa yang dijadikan sebagai titik start dan finish.

Sisingaan
Penampilan grup seni sisingaan ikut memeriahkan acara milangkala Desa Cigugur Girang ke-174 – (Sumber: Euis/BJN)

Panitia yang sudah standby sejak pagi menyiapkan kupon untuk dibagikan kepada seluruh peserta. Kupon tersebut nantinya akan ditukar dengan berbagai macam hadiah yang menarik. Selain itu, panitia juga menyiapkan doorprize sehingga menambah semangat warga dalam mengikuti jalannya acara jalan santai.

Flyer HUT Desa Cigugur Girang ke-174
Flyer HUT Desa Cigugur Girang ke-174 – (Sumber: Euis/BJN)

Menurut Kepala Desa Cigugur Girang, Priana , S.E., M.I.P.,  digelarnya ulang tahun desa atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan “milangkala” yang ke-174 tahun ini bertujuan untuk membahagiakan warga Desa Cigugur Girang yang pimpinnya. Acara semacam ini diperingati setiap tahun dengan slogan “Cigugur Girang Rukun Sauyunan Makmur Kamasyur”.

Untuk mewujudkan semua itu, tentu saja peran kepala desa tidak mudah karena membutuhkan pemikiran dan tanggung jawab penuh dalam membangun desanya sehingga memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hely Narni yang turut membantu Kepala Desa Cigugur Girang dalam membangun desanya. Ia ikut memperhatikan pembangunan infrastruktur pembangunan jalan di wilayah Desa Cigugur Girang yang sudah rampung pengerjaannya pada awal Agustus 2024 lalu.

Hely Narni yang baru saja dilantik sebagai Anggota DPRD KBB periode 2024-2029 kini berkonsentrasi pada Gudang Kahuripan RW 10 dan RW 11 untuk membangun di wilayah tersebut.

Saat Kepala Desa disinggung masalah Penghasilan Tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa (Siltap),  Priana merasa sedih dan sedikit kecewa karena sering terjadi keterlambatan hingga dua bulan. Kondisi ini otomatis akan menghambat kinerja kepala desa dan perangkat desanya. Semua ini tentu saja merupakan kebijakan Plt. Bupati KBB dan ia berharap agar pemerintah memperhatikan masalah ini.

Terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan dua bulan mendatang, Priana berharap masyarakat tidak tergiur iming-iming politik uang dan janji manisnya. Menurutnya, Kabupaten Bandung Barat  bukan untuk kepentingan pribadi dan golongan tertentu. Masyarakat harus cerdas dalam memilih calon pemimpinnya dengan melihat track record mereka sebelumnya. (Euis Rukiah/BJN).

***

Judul: Desa Cigugur Girang Rayakan HUT Desa ke-174 dengan Meriah
Kontributor: Euis Rukiah
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *