BeritaBerita Jabar NewsBJNsekolah

SDN Sariwangi Rayakan HUT RI ke-79 dengan Berbagai Lomba dan Ketangkasan

BERITA JABAR NEWS (BJN), Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (18/08/2024) – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sariwangi, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 dengan berbagai lomba dan ketangkasan. Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman sekolah yang diikuti oleh para siswa dan orang tua mereka.

Suasana di halaman SDN Sariwangi berlangsung sertu dan meriah ketika para siswa dan orang tua mereka ikut serta dalam berbagai lomba dan ketangkasan. Mereka mengikuti aneka perlombaan dengan riang gembira, seperti permainan estapet bola, lari, dan menghias nasi goreng untuk para orang tua dan siswa.

SDN Sariwangi
Suasana acara perayaan HUT RI ke-79 di SDN Sarwangi, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat – (Sumber: Euis Rukiah/BJN)
SDN Sariwangi, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
Anak-anak siswa SDN Sariwangi terlihat begitu ceria dalam mengikuti lomba dan ketangkasan dalam acara perayaan HUT RI ke-79 di sekolah mereka – (Sumber: Euis Rukiah/BJN)

Para peserta lomba dan ketangkasan dibuat secara berkelompok. Masing-masing satu kelompok terdiri dari putra dan putri. Walau kegiatan ini berlangsung di bawah terik matahari yang cukup menyenang. Namun, tidak mengurangi antusiasme mereka untuk tetap bersemangat mengikuti lomba tersebut.

Satu persatu perlombaan dan ketangkasan dijalankan yang membuat suasana benar-benar meriah. Tak jarang gelak tawa terdengar dari para penonton yang menyaksikan berbagai adegan lucu. Semua ini menjadi hiburan gratis setahun sekali yang menyehatkan dalam momen perayaan 17 Agustusan di Indonesia.

Dengan mengusung Visi dan Visi Sariwangi Bersahaja (Berprestasi, Sehat, Agamis, Harmonis, dan Sejahtera) bekerja sama dengan wali kelas merayakan HUT RI ke-79 ini dengan penuh semangat.

Anak-anak siswa SDN Sariwangi terlihat begitu ceria dalam mengikuti lomba dan ketangkasan dalam acara perayaan HUT RI ke-79 di sekolah mereka - (Sumber: Euis Rukiah/BJN)
Anak-anak siswa SDN Sariwangi terlihat begitu ceria dalam mengikuti lomba dan ketangkasan dalam acara perayaan HUT RI ke-79 di sekolah mereka – (Sumber: Euis Rukiah/BJN)
SDN Sariwangi
Terlihat salah seorang guru yang menjadi panitia sedang mengatur jalannya acara lomba dan ketangkasan di SDN Sariwangi – (Sumber: Euis Rukiah/BJN)

Lina, salah seorang Guru Pembimbing di SDN Sariwangi yang merangkap sebagai panitia lomba acara 17 Agustusan di sekolah tersebut mengatakan bahwa kegiatan yang mereka lakukan sudah direncanakan dengan baik, terkoordinasi, dan di bawah arahan dan pengawasan dari para panitia. Hal ini dimaksudkan agar semua kegiatan berjalan lancar dan terhindar dari  hal-hal yang tidak diinginkan, seperti cidera saat melakukan lomba atau ketangkasan.

“Makna dari acara 17 Agustusan ini untuk mengenang para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan dengan berperang melawan para penjajah yang ingin menguasai tanah air kita. Mereka berjuang sampai dengan tetes darah penghabisan,” ungkap Lina.

Menurut Lina, perbedaan perjuangan dahulu dan sekarang adalah proses perjuangannya. Kalau dulu berjuang dengan mengangkat senjata, tapi sekarang berjuang dengan mengisi kemerdekaan. Salah satu kegiatan yang dilakukan sekarang saat perayaan HUT Kemerdekaan adalah bersuka cita dengan beragam lomba seni dan budaya.

Sementara itu Kepala SDN Sariwangi, Hj. Nining, S.Pd. yang turut hadir mengatakan bahwa semua rakyat Indonesia merayakan kemerdekaan dengan beragam cara. Semua larut dalam kebahagiaan, termasuk para siswa, orang tua, dan para pendidik di sekolah yang dibinanya.

“Kita bahagia karena telah terlepas dari belenggu penjajahan. Oleh sebab itu saatnya sekarang mengisi kemerdekaan ini dengan karya nyata dan giat belajar untuk menambah ilmu pengetahuan,” jelas Hj. Nining.

Menurut Hj. Nining, pihaknya berkolaborasi dengan komite sekolah, guru pembimbing, dan wali kelas bersama-sama untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik dengan kurikulum merdeka. Semua itu bertujuan agar para siswa itu menjadi pemimpin pada masa depan. (Euis Rukiah/BJN).

***

Judul: SDN Sariwangi Rayakan HUT RI ke-79 dengan Berbagai Lomba dan Ketangkasan
Kontributor: Euis Rukiah
Editor: JHK

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *