BeritaBerita Jabar NewsPemerintahan

Karnaval dan Atraksi Seni Budaya Mewarnai Acara HUT RI ke-79 di Desa Ciwaruga Kabupaten Bandung Barat

BERITA JABAR NEWS (BJN), Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (18/08/2024) – Karnaval mewarnai acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Ribuan warga turun ke jalan dengan aneka kreasi yang unik dan menghibur warga di sekitarnya. Acara ini dilaksanakan bertepatan dengan HUT RI ke-79 yaitu pada 17 Agustus 2024.

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Ciwaruga, Dadang Carmana, S.Ip., mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah melaksanakan kegiatan HUT RI ke-79 di Desa Ciwaruga, “Alhamdulillah pada hari ini, kita Desa Ciwaruga tampak begitu meriah dengan adanya karnaval, serta atraksi seni dan budaya. Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah melaksanakan kegiatan ini, juga semua yang turut membantu kegiatan ini.”

Desa Ciwaruga
Masyarakat terlihat membludak ikut memeriahkan acara HUT RI ke-79 di Desa Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat – (Sumber: Euis Rukiah)
karnaval
Aneka kreasi penampilan warga yang ikut memeriahkan HUT RI ke-79 di Desa Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat – (Sumber: Euis Rukiah)

Dadang berharap warga Desa Ciwaruga ke depannya menjadi lebih maju, termasuk seni dan budayanya sehingga masyarakatnya sejahtera. Dia juga mempersilakan warganya untuk menikmati hiburan yang sudah dipersiapkan oleh pihak panitia, termasuk panggung hiburan yang menyuguhkan pentas musik dan aneka atraksi seni budaya lainnya.

Patung Kambing
Patung kambing yang ikut memeriahkan acara karnaval di Desa Ciwaruga -(Sumber: Euis Rukiah/BJN)

Peringatan HUT RI ke-79 seperti biasanya berlangsung di Lapangan Aryanti, Desa Ciwaruga. Acara ini dihadiri para tamu undangan, seperti Babinsa, Babinkamtibmas, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati yang sedang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL), karang taruna, dan tokoh masyarakat setempat.

Patung wayang
Patung wayang ikut memeriahkan acara HUT RI ke-79 di Desa Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat – (Sumber: Euis Rukiah/BJN)

Acara hiburan berlangsung sangat meriah. Selain karnaval, acara juga menampilkan patung raksasa berupa karakter tokoh pewayangan, replika kantor desa, patung sapi, patung kambing, dan lain-lain. Mereka berusaha menampilkan kreasi terbaik karena diperlombakan dan dinilai oleh dewan juri.

Acara yang disaksikan langsung oleh Kepala Desa Ciwaruga beserta istrinya tersebut terlihat lebih meriah dari perayaan tahun sebelumnya. Masyarakat terlihat membludak memenuhi lapangan desa. Suasana terlihat hiruk pikuk. Namun, kemanan tetap terjaga dengan baik dan acara berlangsung dengan kondusif. (Euis Rukiah/BJN).

***

Judul: Karnaval dan Atraksi Seni Budaya Mewarnai Acara HUT RI ke-79 di Desa Ciwaruga Kabupaten Bandung Barat
Kontributor: Euis Rukiah
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *