ArtikelBeritaBerita Jabar Newshari kemerdekaanhijabhutrike79ibu kota nusantarapaskibrakaupacara kemerdekaan

Paskibraka Putri Akhirnya Mengenakan Jilbab pada Upacara HUT ke-79 RI di IKN.

BERITA JABAR NEWS (BJN), Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/08/2024) – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) putri akhirnya mengenakan jilbab pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebelumnya, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mendapat sorotan karena melarang Paskibraka putri menggunakan jilbab saat pengukuhan.

Upacara HUT ke-79 RI berlangsung lancar di halaman Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, pada Sabtu (17/8/2024). Beberapa anggota Paskibraka perempuan terlihat mengenakan jilbab. Para anggota Paskibraka tersebut memakai seragam putih, sementara anggota laki-laki mengenakan peci. Anggota Paskibraka putri yang tidak mengenakan jilbab memakai peci dengan rambut dipotong sebahu.

Presiden Joko Widodo pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu, 17 Agustus 2024. Foto: BPMI Setpres/Vico
Presiden Joko Widodo pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu, 17 Agustus 2024 -(Sumber BPMI Setpres/Vico)

Beberapa anggota Paskibraka putri terlihat mengenakan jilbab hitam dan rok panjang hingga di atas mata kaki, serta kaus kaki putih. Mereka terlihat cantik dan berwibawa.

Sebanyak 76 anggota Paskibraka Nasional dari berbagai daerah di Indonesia dibagi menjadi dua tim: Tim Nusantara dan Tim Indonesia Maju. Tim Nusantara bertugas untuk mengibarkan bendera, sementara Tim Indonesia Maju bertanggung jawab untuk menurunkan bendera.

Paskibraka Putri
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akhirnya diperbolehkan menggunakan hijab saat upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) usai menjadi polemik.- Sumber: (Lizsa Egeham).

Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia (PPI) menginformasikan bahwa 18 anggota Paskibraka putri mengenakan jilbab atau hijab. PPI menyesalkan pelarangan jilbab selama pengukuhan kemarin.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono yang merupakan perwakilan dari Istana menegaskan bahwa anggota Paskibraka diizinkan mengenakan jilbab saat upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN. Sebelumnya ada terkait isu yang dimana 18 anggota putri Paskibraka diminta melepas jilbab saat pengukuhan oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami baik di tingkat pusat yang akan besok tanggal 17 melakukan pengibaran bendera tetap menggunakan sebagaimana adik-adik kita mendaftar menggunakan jilbab,” Kata Heru yang menyampaikan hal ini di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, pada Rabu (14/8) yang lalu.

***

Judul: Paskibraka putri akhirnya mengenakan jilbab pada upacara HUT ke-79 RI di IKN.

Editor: RAT

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *