BeritaPemerintahanTransportasi

Kereta Tanpa Rel di Ibu Kota Nusantara (IKN) Dijadwalkan Untuk Menjalani Uji Coba pada Bulan Agustus Ini.

BERITA JABAR NEWS (BJN), Kota Jakarta, Rabu (07/08/2024) – Pemerintah mengumumkan bahwa uji coba kereta otonom tanpa rel atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilakukan pada rute pendek pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Pernyataan ini disampaikan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Risal Wasal, pada Selasa, 6 Agustus 2024.

“Jika berjalan lancar, kami menargetkan ART sudah dapat diuji coba secara dinamis di rute pendek pada 10 Agustus 2024,” Ujar Risal, sebagaimana dilaporkan oleh Antara.

Risal mengungkapkan bahwa tim DJKA sedang melakukan uji internal terhadap sarana, prasarana, dan sumber daya manusia (SDM) ART di wilayah IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Autonomous Rail Transit (ART) yang diluncurkan di IKN

Adapun rute pendek atau loop kecil yang dimaksud melibatkan jalur uji coba yang berputar dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2, kemudian kembali ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Risal mengungkapkan bahwa uji coba ini bertujuan untuk mempersiapkan pengoperasian ART yang akan digunakan pada upacara Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN. Proses uji coba ini direncanakan berlangsung selama sekitar dua bulan, dimulai setelah uji coba dinamis.

Melalui uji coba ini, pemerintah berharap untuk menilai lebih baik mengenai kelayakan operasi ART. Setelah itu, tahap evaluasi akan dilakukan bersama DJKA dan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) sebelum ART dipamerkan kepada masyarakat antara 10 Oktober hingga 31 Desember 2024.

Kedepannya, menurut Risal, ART akan berhenti di delapan halte yang tersebar di sepanjang jalur utama Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya menetapkan target agar Autonomous Rail Rapid Transi (ART) atau kereta otonom tanpa rel dapat beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Dengan demikian, moda transportasi ini akan berfungsi sebagai feeder dan menjadi bagian dari sistem mobilitas di area Sumbu Barat, Sumbu Timur, serta lokasi lainnya selama perayaan HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024.

***

Judul : Kereta Tanpa Rel di Ibu Kota Nusantara (IKN) Dijadwalkan Untuk Menjalani Uji Coba pada Bulan Agustus Ini.

Editor : RAT

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *