BeritaBerita Jabar NewsBJN

Rumah Ceria Seribu Pulau Kabupaten Bekasi Kembali Gelar Workshop Dongeng Penguat Literasi Masyarakat

BERITA JABAR NEWS (BJN), Kabupaten Bekasi, Minggu (29/09/2024) – Rumah Ceria Seribu Pulau Kabupaten Bekasi kembali menggelar Workshop Dongeng Penguat Literasi Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 29 September 2024 dan diikuti oleh 60 peserta.

Workshop Dongeng Penguat Literasi Masyarakat ini merupakan tindak lanjut dari Komunitas Penggerak Literasi penerima bantuan pemerintah yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Dongeng Penguat Literasi Masyarakat
Flyer acara Workshop Dongeng Penguat Literasi Masyarakat – (Sumber: Febri/BJN)

Dongeng Ceria merupakan sebuah komunitas dongeng yang sudah berdiri dan berkegiatan sejak 2014. Komunitas ini  telah aktif melakukan berbagai roadshow dongeng ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia yang  bertujuan menumbuhkan minat literasi, khususnya untuk anak-anak.

Selain itu, Dongeng Ceria juga menjadi salah satu penerima bantuan pemerintah sebesar Rp 50 juta. Adapun hal yang mendasari pemerintah memberikan bantuan untuk komunitas penggerak literasi adalah pertimbangan bahwa saat ini inisiatif komunitas penggerak literasi di Indonesia untuk memajukan literasi masyarakat semakin meningkat.

Workshop Dongeng Penguat Literasi Masyarakat
Abah Iman Surahman memberikan sambutan pada Workshop Dongeng Penguat Literasi Masyarakat – (Sumber: Febri/BJN)
Dongeng Penguat Literasi
Kak Dena, MC acara Workshop Dongeng Penguat Literasi dimulai dengan pembacaan Al-qur’an surat An-Nur ayat 34-38 oleh Kak Yoga – (Sumber: Febri/BJN)

Pertimbangan lainnya adalah peran dan keberadaan komunitas penggerak literasi banyak yang belum optimal karena keterbatasan sumber daya anggaran. Oleh karena itu pemerintah menggelontorkan bantuan tersebut. Bantuan dari pemerintah tersebut merupakan hal yang amat penting geliat komunitas penggerak literasi di Indonesia.

Dongeng Ceria
Penampilan Kak Yono dan Kak Dita – (Sumber: Febri/BJN)
Rumah Ceria Seribu Pulau
Di sela sesi 1 dan sesi 2, peserta menikmati jajanan hasil dari praktik entrepreuner anak-anak di Rumah Ceria Seribu Pulau – (Sumber: Febri/BJN)

Acara Workshop Dongeng Penguat Literasi Masyarakat dimulai di bawah panduan Kak Dena yang bertugas sebagai MC.  Acara dimulai dengan pembacaan Al-qur’an suci Al-Quran yaitu Surat An-Nur ayat 34-38 yang dibawakan oleh Kak Yoga. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Abah Iman Surahman.

Beberapa narasumber dihadirkan untuk mengisi acara. Salah satu narasumber adalah Kak Yono dengan dibantu moderator Kak Dhita yang membahas tentang teknik vokal. Kak Yono begitu piawai menjelaskan materi tersebut sambil mempraktikkannya kepada para peserta pelatihan.

Dongeng Ceria
Foto bersama peserta setelah penyerahan sertifikat – (Sumber: Febri/BJN)
Makan bersama
Acara diakhiri dengan makan siang bersama seluruh peserta workshop – (Sumber: Febri/BJN)

Di sela sesi 1 dan sesi 2, para peserta memanfaatkan waktu rehat dengan menikmati jajanan hasil dari praktik entrepreuner anak-anak di Rumah Ceria Seribu Pulau. Mereka terlihat begitu semangat menikmati hasil praktik entrepreuner anak-anak tersebut.

Febri Satria Yazid
Febri Satria Yazid, Jurnalis Berita Jabar News (BJN)

Narasumber berikutnya adalah Kak Dini dengan dibantu moderator Kak Syamsa Hawa.  Kak Dini memaparkan materi tentang cara membuat cerita. Para peserta begitu antusias mengikuti sesi ini karena merupakan materi penting yang perlu dikuasai oleh para peserta pelatihan. (FSY/BJN).

***

Judul: Rumah Ceria Seribu Pulau Kabupaten Bekasi Kembali Gelar Workshop Dongeng Penguat Literasi Masyarakat
Kontributor: Febri Satria Yazid
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *