BeritaPemerintah

Pemdes Cigugur Girang Gelar Ulang Tahun Desa ke-173 di Lapangan YKA

BERITA JABAR NEWS (BJN), Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (10/09/2023) – Pemerintah Desa (Pemdes) Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa ke-173 (1850-2023) dengan meriah. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (09/09/202) kemarin di Lapangan YKA.

Kegiatan perayaan HUT Desa Cigugur Girang tersebut diawali dengan jalan santai dengan melibatkan para peserta dari masing masing RT dan RW se Desa Cigugur Girang. Selain acara jalan santai, ada juga kegiatan senam bersama yang berlangsung di Lapangan YKA .

Di sela-sela acara, panitia perayaan HUT Desa Cigugur Girang mengadakan pembagian door prize yang diterima oleh masyarakat yang beruntung.  Beberapa hadiah yang disiapkan oleh panitia di antaranya berupa mesin cuci, dispenser, kulkas, dan sepeda motor listrik.

Ucapan selamat HUT ke-173 untuk Desa Cigugur Girang yang dikirim oleh Bupati Bandung Barat, Ketua DPRD Bandung Barat, dan Fraksi PKB Bandung Barat
Ucapan selamat HUT ke-173 untuk Desa Cigugur Girang yang dikirim oleh Bupati Bandung Barat, Ketua DPRD Bandung Barat, dan Fraksi PKB Bandung Barat – (Sumber: Iis/BJN)

Acara lain yang tak kalah menariknya adalah acara bernuansa religi berupa Tablig Akbar yang dipimpin oleh Ustaz Ucun Mahpudin dengan mengangkat tema “Hukum dan Realita pada Masa Covid-19”.  Kemudian ada juga kegiatan religi lainnya yaitu pemberian santunan untuk anak yatim dan piatu sebanyak 60 paket yang terbagi dalam 40 anak yatim dan 20 piatu.

Penyerahan paket bantuan kepada anak yatim dan piatu tersebut diberikan langsung oleh Ustaz Ucun Mahpudin yang didampingi langsung oleh Kepala Desa Cigugur Girang, Priana, S.E. beserta anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat dari PKS, Herly Narni.

Flyer acara perayaan HUT ke-173 (1850-2023) Desa Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
Flyer acara perayaan HUT ke-173 (1850-2023) Desa Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat – (Sumber: Iis/BJN)

Turut hadir dalam acara Tablig Akbar tersebut antara lain dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cigugur Girang, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bandung Barat, Dadang Sudaya dari desa Karyawangi. Masyarakat Desa Cigugur Girang begitu antusias menyaksikan berbagai rangkaian acara sejak Jumat (08/09/2023) sampai puncak acara yang diakhiri dengan pagelaran wayang golek semalam suntuk dari Giriharja 3 dengan menampilkan Dalang Yoga Swara Sunandar Sunarya.

Kepala Desa Cigugur Girang, Priana, S.E. sedang memberikan kata sambutannya dalam rangka HUT Desa Ciwaruga ke-173
Kepala Desa Cigugur Girang, Priana, S.E. sedang memberikan kata sambutannya dalam rangka HUT Desa Ciwaruga ke-173 – (Sumber: Iis/BJN)
Ustaz Ucun Mahpudin sedang memberikan tausiahnya (kanan) dan memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu (kiri) dalam rangka HUT ke-173 Desa Cigugur Girang, Kab. Bandung Barat
Ustaz Ucun Mahpudin sedang memberikan tausiahnya (kanan) dan memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu (kiri) dalam rangka HUT ke-173 Desa Cigugur Girang, Kab. Bandung Barat – (Sumber: Iis/BJN)
Ribuan warga Desa Cigugur Girang saling berdesakan menyaksikan jalannya acara HUT ke-173 di desa mereka
Ribuan warga Desa Cigugur Girang saling berdesakan menyaksikan jalannya acara HUT ke-173 di desa mereka – (Sumber: Iis/BJN)

Puluhan karangan bunga dari berbagai instansi pemerintah maupun komunitas terlihat menghiasi area kegiatan yang isinya memberikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-173 untuk Desa Cigugur Girang.

Menurut pantauan awak media, selama kegiatan tersebut berlangsung, dari sisi keamanan situasinya cukup terkendali. Semua ini tak luput dari kerja keras tim keamanan dari Desa Cigugur Girang yang di backup oleh tim keamanan dari Koramil dan Polsek Cisarua.

Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat dari PKS, Herly Narni sedang memberikan sambutannya didampingi Kepala Desa Cigugur Girang, Priana, S.E.
Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat dari PKS, Herly Narni sedang memberikan sambutannya didampingi Kepala Desa Cigugur Girang, Priana, S.E. – (Sumber: Iis/BJN)
Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat dari PKS, Herly Narni sedang menyerahkan hadiah kepada pemenang door prize dalam acara peringatan HUT Desa Cigugur Girang ke-73
Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat dari PKS, Herly Narni sedang menyerahkan hadiah undian berupa 1 unit mesin cuci kepada pemenangnya dalam acara peringatan HUT Desa Cigugur Girang ke-73 – (Sumber: Iis/BJN)

Kepala Desa Cigugur Girang dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dalam perayaan HUT ke-173 (1850-2023) Desa Cigugur Girang ini  dikemas dalam berbagai rangkaian kegiatan dan seni dan budaya dan keagamaan. Tujuannya tidak lain untuk menciptakan kedekatan dan keakraban, serta sebagai ajang silaturahmi  antara aparat Pemerintahan Desa dengan masyarakatnya.

“Mudah-mudahan pada tahun mendatang akan lebih meriah. Kita semua diberi kesehatan dan rezeki berlimpah sehingga kita bisa berkumpul kembali dalam berbagai gelaran dan kemasan yang lebih menarik dan menghibur,” ujar Priana.

Pada kesempatan tersebut Priana juga mengucapkan terima kasih khususnya kepada para panitia yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara HUT ke-173 Desa Cigugur Girang dan segenap aparatur desa yang terlibat di dalamnya

“Akur, sauyunan, makmur kamashur,” pungkas Priana dengan penuh semangat. (Euis Rukiah/PMN).

***

Judul: Pemdes Cigugur Girang Gelar Ulang Tahun Desa ke-173 di Lapangan YKA
Kontributor: Euis Rukiah
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *