BeritaBerita Jabar NewsEdukasiInspiratifKomunitas

Pembuatan Konten Video Kreatif Menjadi Topik Utama dalam Acara Diskusi di D’Botanica Pasteur

Berita Jabar News (BJN), Kota Bandung, Kamis (07/09/2023) – Paguyuban Bandung Ngariung setiap Rabu rutin mengadakan acara diskusi mingguan di D’Botanica Pasteur, Jalan Dr. Djunjunan No.143-149, Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Nah, pada pertemuan mereka yang ke-10 kali ini mengangkat topik seputar pembuatan video dengan tajuk “Gimana Bikin Konten Video yang Kreatif & Menarik?”

Pernahkah Kamu membuat video yang menarik untuk dilihat dan membuat orang berkesan dengan hasil pembuatan video kita? Konten video kreatif merupakan sebuah konten yang menggabungkan antara gambar visual dengan audio yang dibuat dengan cara-cara kreatif.

Perkembangan konten video di Youtube, Instagram, dan kini tiktok, sudah mulai menjadi trend dunia maya. Pada pertemuan kali ini, riungers diberi step-by-step tips membuat konten yang menarik dengan harapan agar setiap orang bisa membuat konten yang baik dan menjadi solusi kreatif atas berbagai permasalahan di lingkungannya.

Para peserta sedang melakukan registrasi dalam acara diskusi di D’Botanica Pasteur Kota Bandung yang diselenggarakan oleh Paguyuban Bandung Ngariung pada Rabu, 9 Septembr 2023
Para peserta sedang melakukan registrasi dalam acara diskusi di D’Botanica Pasteur Kota Bandung yang diselenggarakan oleh Paguyuban Bandung Ngariung pada Rabu, 9 Septembr 2023 – (Sumber: Manda/PMN)

Menurut salah satu narasumber Bandung Ngariung yang hadir dalam acara diskusi di D’Botanica Pasteur pada Rabu (06/09/2023) kemarin, secara umum konten video dibuat untuk keperluan periklanan yang ditayangkan di beragam media, seperti website, media sosial, televisi, billboard, dan lain sebagainya.

Video yang bagus tidak hanya jelas, tetapi juga proporsional. Gambar visual, suara, musik, dan teks harus ditambahkan dengan komposisi yang pas sehingga membuat audiens lebih tertarik untuk terus menonton. Penggunaan warna teks juga harus sesuai dan tidak mencolok.

Peserta diskusi bertajuk "Gimana Bikin Konten Video yang Kreatif & Menarik?” yang memenuhi ruang pertemuan di D’Botanica Pasteur pada Rabu (06/09/2023) kemarin
Peserta diskusi bertajuk “Gimana Bikin Konten Video yang Kreatif & Menarik?” yang memenuhi ruang pertemuan di D’Botanica Pasteur pada Rabu (06/09/2023) kemarin – (Sumber: Manda/PMN)
Peserta dari English Club yang turut hadir dalam acara diskusi bertajuk "Gimana Bikin Konten Video yang Kreatif & Menarik?” yang berlangsung di D’Botanica Pasteur, Kota Bandung pada Rabu, 6 September 2023
Peserta dari English Club yang turut hadir dalam acara diskusi bertajuk “Gimana Bikin Konten Video yang Kreatif & Menarik?” yang berlangsung di D’Botanica Pasteur, Kota Bandung pada Rabu, 6 September 2023 – (Sumber: Manda/PMN)
Fotografer cewek asal Kota Bandung, Ramanda Melawati dan Konten Kreator Kuliner, Bang Boim turut hadir dalam acara diskusi yang digelar oleh Paguyuban Bandung Ngariung pada Rabu (06/09/2023) kemarin
Fotografer cewek asal Kota Bandung, Ramanda Melawati dan Konten Kreator Kuliner, Bang Boim turut hadir dalam acara diskusi yang digelar oleh Paguyuban Bandung Ngariung pada Rabu (06/09/2023) kemarin – (Sumber: Manda/PMN)

Seperti yang kita ketahui, video saat ini sangat mendominasi dunia maya. Bahkan Kamu pun dapat dengan mudah melihat berbagai tampilan video pada semua jenis aplikasi smartphone. Oleh karena itu tidak heran jika sebuah konten dalam bentuk video akan lebih mudah diterima jika dibandingkan dengan bentuk konten digital lainnya. Pasalnya, konten video menyuguhkan tampilan visual yang dinamis dan lebih menarik.

Erick Darmadjaya, Bsc., M.K.P., Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung
Erick Darmadjaya, Bsc., M.K.P., Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung – (Sumber: Manda/PMN)

Dengan hadirnya teknologi yang berkembang saat ini tentunya semakin memudahkan seseorang untuk berkreasi dalam membuat video, termasuk bagi pemula sekalipun. Salah satunya adalah memberikan ruang gerak ekspresi yang lebih luas bagi pembuat atau pemainnya. Pada ruang gerak ini dapat memberikan kesempatan bagi para pembuatnya agar lebih leluasa dalam mengembangkan ide mereka.

Pada bagian akhir, narasumber Bandung Ngariung tersebut memberikan tips kepada hadirin tentang langkah-langkah apa saja yang diperlukan agar Kamu bisa membuat konten video yang menarik. Pertama, tetapkan tujuan dan target audiens; Kedua, pilih media yang Kamu inginkan; Ketiga, riset format dan kata kunci (key word) konten; Keempat, buat narasi yang baik dan menarik; Kelima, pilih sumber yang akurat, dan; Keenam, berikan visual yang menarik perhatian.

Salah satu perwakilan dari DPRD Kota Bandung yang biasanya hadir dalam diskusi tersebut adalah Erick Darmadjaya, Bsc., M.K.P., Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung. Namun, dalam acara diskusi kali ini tidak bisa hadir secara fisik karena ada agenda lain yang tak bisa ditinggalkannya.

Melalui saluran video call, Erick mengungkapkan bahwa pihaknya selalu mengapresiasi kegiatan diskusi tersebut. Cara ini menurutnya sangat efektif dalam memecahkan berbagai isu atau masalah krusial yang ada di Kota Bandung. Banyak informasi dan ide menarik yang bermunculan, baik dari narasumber maupun dari peserta diskusi lainnya yang bisa dijadikan masukan bagi pemerintah sebagai pemangku kebijakan. (RMD/BJN).

***

Judul: Pembuatan Konten Video Kreatif Menjadi Topik Utama dalam Acara Diskusi di D’Botanica Pasteur
Jurnalis:  Rose Maradewi
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *