BeritaBerita Jabar NewsHukumKasusPembunuhanSosial

Pegi Setiawan Memiliki Sifat Cenderung Berbohong dan Manipulatif

Berita Jabar News (BJN), Kota Bandung, Selasa (02/07/2024) – Polda Jawa Barat mengungkapkan hasil pemeriksaan tes psikologis forensik terhadap Pegi Setiawan yang menjadi otak di balik kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon. Hal ini disampaikan dalam sidang praperadilan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Selasa (02/07/2024).

Salah satu anggota tim hukum Polda Jabar menjelaskan bahwa hasil pemeriksaan menunjukkan Pegi Setiawan memiliki kecenderungan untuk berbohong dan bersikap manipulatif saat diuji oleh penyidik Polda Jabar.

“Selama pemeriksaan saudara Pegi Setiawan kerap menggaruk kepala, kontak mata kurang terjaga atau cenderung menghindari kontak mata dan cenderung gelisah,” ungkap salah seorang anggota tim hukum Polda Jabar yang dipimpin oleh Kabidkum Polda Jabar, Kombes Pol Nurhadi Handayani, seperti dikutip dari laman Antara pada Selasa (02/07/2024).

Pegi Setiawan
Pegi Setiawan – (Sumber: Antara)

Hasil pemeriksaan tes psikologis forensik tersebut sesuai dengan pernyataan Pegi Setiawan yang mengindikasikan adanya perbedaan ketika pemeriksaan dilakukan terhadap Pegi dan ayahnya, Rudi Irawan, terkait kasus pembunuhan Vina.

“Bahwa dalam diri Pegi Setiawan ada sikap kecenderungan sikap berbohong atau menutupi yang sebenarnya dan manipulatif dan ada perbedaan cerita antara Pegi dan ayahnya saat ditanyakan peristiwa yang sama,” tambah Kombes Pol Nurhadi.

Tim hukum menyatakan bahwa pemeriksaan terhadap Pegi oleh penyidik Polda Jabar memakan waktu lama karena Pegi sering menjawab dengan kata “tidak tahu” dan berbicara gagap. Pihak Polda Jabar juga menjelaskan bahwa tes psikologi forensik terhadap Pegi dilakukan untuk mendapatkan pemahaman mengenai kondisi psikologis tersangka, termasuk kecerdasan, kepribadian, kondisi mental, dan untuk menilai kepercayaan dirinya.

Pegi Setiawan sendiri merupakan terduga yang  melakukan pembunuhan terhadap Vina Dewi dan Muhammad Rizky di Cirebon, Jawa Barat pada 2016. Pegi diketahui tinggal di Bandung dalam jangka waktu yang cukup lama setelah kasus pembunuhan Vina terjadi, meskipun tidak jelas ke mana saja dia pergi selama delapan tahun tersebut.

Banyak desas – desus mengenai pelaku pembunuhan Vina ini.  Sebagian masyarakat ada yang tidak yakin dengan Pegi Setiawan karena cirinya berbeda dengan apa yang disebutkan oleh Polda Jabar. Pegi memiliki postur tubuh kecil dengan tinggi 160 cm, rambut keriting, dan kulit sawo matang. Namun, pria yang ditangkap polisi dengan nama Pegi Setiawan terlihat memiliki rambut lurus yang disisir dengan belahan ke arah kanan.

***

Judul : Pegi Setiawan Memiliki Sifat Cenderung Berbohong dan Manipulatif

Editor : RAT

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *