BeritaBerita Jabar NewsBJNKomunitas

Ketua Umum DPP FAMM, Drs. Guspardi Gaus, M.Si.: FAMM Siap Menyongsong Indonesia Emas 2045

BERITA JABAR NEWS (BJN), Jakarta, Minggu (15/09/2024) – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Alumni Mahasiswa Minang (FAMM), Drs. Guspardi Gaus, M.Si., menyatakan bahwa FAMM siap menyongsong Indonesia Emas 2045. Hal tersebut disampaikannya dalam acara Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I” yang berlangsung pada Minggu, 15 September 2024 di Hotel Saka, Jalan Duren Tiga, Jakarta.

Menurut Guspardi, acara tersebut bertujuan untuk melakukan reposisi terhadap “Membangkik Batang Tarandam” dari perspektif generasi muda Minagkabau.

Sementara itu Ir. Jasyanto, M.M. selaku Ketua Panitia Pelaksana “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I” yang didampingi Febri Satria Yazid,  S.E. selaku Sekretaris Panitia Pelaksana menjelaskan bahwa  acara tersebut memiliki tujuan utama untuk merumuskan strategi dan panduan dalam membangkitkan kembali nilai-nilai budaya Minangkabau yang tersembunyi atau mulai terlupakan ─ dalam istilah “membangkit batang terendam”.

Flyer acara “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I” - (Sumber: FAMM/BJN)
Flyer acara “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I” – (Sumber: FAMM/BJN)

“Fokusnya adalah bagaimana nilai-nilai ini dapat diadaptasi dan relevan bagi generasi muda, terutama Generasi Z yang tumbuh pada era globalisasi dan digitalisasi,” ungkap  Jasyanto.

Beberapa tujuan utama dari mufakat ini adalah:

Pertama, Reposisi Nilai Budaya Minangkabau: Generasi muda diajak untuk memahami, memaknai, dan mempraktikkan kembali nilai-nilai budaya Minangkabau dengan cara yang lebih sesuai dengan kondisi dan tantangan zaman saat ini. Ini termasuk aspek filosofi, adat istiadat, dan pandangan hidup yang dapat dijadikan fondasi dalam menghadapi era modern.

Kedua, Memperkuat Identitas Budaya: Di tengah pengaruh budaya global, tujuan lainnya adalah memperkuat identitas kultural Minangkabau dikalangan Generasi Z sehingga mereka tetap memiliki akar budaya yang kuat meskipun hidup pada era yang serba cepat dan dinamis.

Ketiga, Pembangunan Menuju Indonesia Emas 2045: Dengan melibatkan generasi muda Minangkabau dalam proses ini, diharapkan mereka dapat berperan aktif dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Pemuda Minangkabau diharapkan mampu memimpin dengan nilai-nilai lokal yang dipadukan dengan inovasi dan pemikiran global.

Keempat, Adaptasi dengan Zaman: Mufakat ini bertujuan untuk menyesuaikan prinsip-prinsip budaya lama dengan teknologi, gaya hidup, dan cara berpikir Generasi Z sehingga nilai-nilai adat dapat tetap hidup dan relevan dalam kehidupan modern.

Melalui mufakat ini, generasi muda Minangkabau diharapkan menjadi agen perubahan yang dapat mengangkat kembali kekayaan budaya mereka dengan cara yang kreatif, relevan, dan berdampak bagi pembangunan bangsa.

Ir. H. Jasyanto, M.M. (Ketua Panpel) 081117350171
Ir. H. Jasyanto, M.M. (Ketua Panpel) 081117350171 – (Sumber: FAMM/BJN)

Ketua Umum FAMM Drs. Guspardi Gaus, M.Si, sangat mendukung kegiataan dan mengapresiasi dari kinerja Panitia di bawah Bidang Humas dan Kepemudaan bisa menghadirkan Mufakat Rang Mudo Minang Nasional-1 ini dan akan selalu membuka kesempatan kolaborasi pertemuan seperti sering diadakan dan tersimpan pemikiran-pemikiran dalam suatu buku yang naanti dapat diakses secara luas.

Acara “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I”  ini menghadirkan narasumber asal Sumatera Barat yang telah berhasil turut serta dalam memajukan bangsa dalam berbagai sektor, seperti Prof. Fasli Jalal; .Drs.  Andrinof Chaniago; Ir. H. Jasyanto, M.M.; Dr.Eng. Ir. Mairizal Zainuddin;  Prof. Dr. Efri Sandi, M.T.; Rudi Maulana, S.T., M.M.;  Azhari, S.Ag., M.Ag.; Dr. Hj. Rasmida; Dr. Aliman Sori, S.H., M.H.; Azmi Dt. Bagindo,; dan Mia Monasari, S.T.

“Melalui kegiatan yang diinisiasi oleh FAMM ini bermaksud mengajak semua organisasi dan stakeholder dari Sumatera Barat untuk ikut serta, baik dikepanitiaan maupun dalam peserta. Dengan kolaborasi diharapkan Bulek aie dek pambuluh bulek kato dek mufakaiek” (Bulat Air oleh Pembuluh, Bulat Kata karena Mufakat) bisa dijadikan dasar dalam kegiatan ini,” ungkap Jasyanto.

Febri Satria Yazid
Febri Satria Yazid, S.E. (Sekretaris Panpel) 0815-6152-298 – (Sumber: PAMM/BJN)

Menurut Jasyanto, adanya “Mufakat Rang Mudo Minangkabau Nasional I”  ini diharapkan dapat menghasilkan pemikiran untuk menempatkan gerarasi muda berperan disegala sektor pembangunan bangsa.

“Selain itu, mufakat ini diharapkan akan ada lanjutan terus dan diperbaharui dengan tokoh anak muda dan tokoh-tokoh yang sukses dibidang masing-masing dengan terdokumentasi yang baik dalam suatu buku sehingga bisa menjadi rujukan bagi generasi  muda dalam melangkah daan terlibat untuk meningkatkan kesehajteran secara individu maupun mengangkat nama Indonesia nantinya,” tambah Jasyanto.

FAMM sebagai organisasi/perkumppulan yang diisi oleh para intelektualitas diminta selalu dapat berkontribusi dalam pembangunan bangsa dengan terlibat menyiapkan generasi muda yang siap kerkarya dan berintegritas, seperti tokoh sebelumnya yang sudah banyak berperan dan mempunyai andil dalam mendirikan republik ini dan memajukan bangsa.

Acara ini melibatkan peserta dari kalangan masyarakat Minangkabau saentero dunia, baik melalui luring sebanyak 200 peserta maupun daring sebanyak lebih dari 200 peserta. Acara akan berlangsung dari  pukul  09.00 wib hingga pukul 17.30 wib yang juga diisi dengan acara kesenian Minangkabau.

Elok bintang di langik malam
Tarangi bumi dengan cahayo
Bangkiklah, wahai generasi mudo Minang
Angkek tinggi Adat Budayo

Jakarta 15 September 2024

Ir. H. Jasyanto, M.M. (Ketua Panpel) 081117350171
Febri Satria Yazid, S.E. (Sekretaris Panpel) 0815-6152-298

***

Judul: Ketua Umum DPP FAMM, Drs. Guspardi Gaus, M.Si.: FAMM Siap Menyongsong Indonesia Emas 2045

Sumber: Pers Rilis DPP Forum Alumni Mahasiswa Minang (FAMM)

Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *