ArtikelBeritaBerita Jabar NewsBJNHiburanolahragaolimpiade paris 2024parisperancisSports

Indonesia Kembali Meraih Emas Berkat Perjuangan Rizki Juniansyah di Olimpiade Paris 2024

BERITA JABAR NEWS (BJN), Kota Paris, Perancis, Jumat (09/08/2024) – Berkat penampilan gemilangnya, atlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah kembali menambah koleksi medali emas Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Selain itu, ia juga berhasil memecahkan rekor turnamen.

Sebelum Rizki Juniansyah, medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024 diraih oleh atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo.

Medali ini merupakan yang pertama bagi Rizki di Olimpiade, menambah total perolehan Indonesia menjadi tiga medali di Olimpiade Paris 2024, dan merupakan medali Olimpiade ke-40 untuk Indonesia.

Rizki Juniansyah
Rizki Juniansyah, atlit angkat besi Indonesia – (Sumber: Getty Images/Matthew Stockman)

Lifter Indonesia tersebut berhasil mencatatkan Snatch terbaik sebesar 155 kg pada percobaan kedua di Paris Expo Porte de Versailles pada Jumat (9/8). Pada saat itu, dia berada di posisi kedua di bawah Shi Zhiyong, lifter asal China dan juara bertahan Olimpiade, yang sukses mengangkat Snatch seberat 165 kg.

Momentum Rizki tercipta ketika Shi Zhiyong gagal dalam clean and jerk, tidak berhasil mengangkat 191 kg dalam tiga percobaannya. Sementara itu, Rizki sukses mengangkat 191 kg pada percobaan pertama clean and jerk yang langsung menempatkannya di posisi teratas klasemen.

Rizki tidak merasa tenang meskipun memimpin klasemen karena lifter asal Thailand, Weeraphon Wichuma, berhasil mengangkat 198 kg. Namun, pada percobaan kedua, Rizki sukses mengangkat 199 kg yang sekaligus memecahkan rekor Olimpiade yang sebelumnya dipegang Shi Zhiyong dari Cina dengan angkatan 198 kg di Olimpiade Tokyo 2020.

Rizki Juniansyah memastikan kemenangan emasnya dengan total angkatan 354 kg. Ia tidak perlu melakukan percobaan angkatan ketiga karena poinnya sudah sangat tinggi dan tidak bisa terkejar oleh lifter lain. Prestasi ini sangat membanggakan, mengingat debutan pertama kali ia di Olimpiade. Selain itu, pencapaian ini mencetak sejarah bagi Indonesia sebagai medali emas pertama dalam cabang angkat besi. (Raka/BJN).

***

Judul : Indonesia Kembali Meraih Emas Berkat Perjuangan Rizki Juniansyah di Olimpiade Paris 2024
Editor : RAT

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *