BeritaBerita Jabar NewsBJNolahraga

Gerak Jalan Santai RW 16 Jatihandap dalam Rangka Puncak HKJB ke-214

BERITA JABAR NEWS (BJN), Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (29/09/2024) – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-214 tahun 2024, Rukun Warga 16 (RW 16) Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung menggelar Gerak Jalan Santai bertabur doorprize dan game berhadiah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga RW 16 Jatihandap, Karang Taruna Unit.16 dan masyarakat sekitar dengan jarak kurang lebih 5 Km, mengambil titik start dan finish di Perumahan Jati Indah, pada Minggu pagi (29 /09 /2024).

Jalan Santai tersebut dibuka oleh Ketua RW 16 Krisna Aditya, didampingi para Ketua RT dan Ketua Karang Taruna 16 Annur Rizal Romanda dalam rangka puncak HJKB ke-214 tahun 2024. Selain memeriahkan HJKB, kegiatan jalan sehat ini merupakan kegiatan yang positif untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, juga menjalin silaturahmi dan kebersamaan antar warganya.

Gerak jalan
Suasana pembukaan acara gerak jalan santai RW 16 Jatihandap Kota Bandung – (Sumber: Krisna/BJN)

Panitia sebelumnya juga mengedukasi peserta dengan berbagai manfaat jalan sehat bagi kesehatan tubuh yang bisa dirasakan oleh peserta gerak jalan santai. Setidaknya ada tiga manfaat dari kegiatan olahraga ini, yaitu:

Pertama, membakar kalori. Jalan sehat juga termasuk olahraga yang menyehatkan. Oleh karena itu, seseorang yang ikut kegiatan jalan sehat juga sekaligus akan membakar kalori dalam tubuh. Kalori yang terbakar ini tentu saja dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

RW 16 Jatihandap Kota Bandung
Kemeriahan acara gerak jalan RW 16 Jatihandap Kota Bandung yang diikuti ratusan warganya – (Sumber: Krisna/BJN)

Kedua, menjaga kesehatan jantung. Jalan sehat yang dilakukan setidaknya selama 30 menit sehari selama satu minggu terbukti dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 19%. Selain itu, risiko munculnya penyakit kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas juga dapat diminimalisir.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa berjalan kaki secara teratur dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 11% dan menurunkan risiko stroke sebesar 20-40%.

Gadis Bandung
Warga RW 16 Jatihandap Kota Bandung yang mengikuti gerak jalan terlihat bahagia sambil selfie – (Sumber: Krisna/BJN)

Ketiga, mengontrol gula darah. Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Berjalan kaki selama 15 menit sebanyak tiga kali dalam sehari, yakni setelah sarapan, makan siang, dan makan malam, terbukti dapat menurunkan kadar gula darah lebih banyak daripada berjalan kaki selama 45 menit di siang hari.

Gerak jalan santai
Warga RW 16 Jatihandap Kota Bandung yang mengikuti gerak jalan terlihat bahagia sambil selfie – (Sumber: Krisna/BJN)

Sementara itu, sesepuh Jatihandap, Taufik Sinarahayu mengaku bersyukur, kegiatan jalan sehat dalam rangka menyambut HJKB Ke 214 ini berjalan dengan antusias santai dan penuh gembira. Jalan santai tahun ini dibuat berbeda dengan rute ditahun sebelumnya, titik start dan finish-nya agar semakin meriah.

“Jumlah peserta juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari dari jumlah kupon yang dibagikan kepada para peserta jalan santai tersebut yang jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya,” ungkap Taufik.

Game gerak jalan warga RW 16 Jatihandap
Game peserta gerak jalan santai yang diikuti oleh ibu-ibu warga RW 16 Jatihandap – (Sumber: Krisna/BJN)
Peserta game acara gerak jalan RW 16 Jatihandap yang mendapatkan hadiah sembako dari panitia - (Sumber: Krisna/BJN)
Peserta game acara gerak jalan RW 16 Jatihandap yang mendapatkan hadiah sembako dari panitia – (Sumber: Krisna/BJN)
Panitia gerak jalan RW 16 Jatihandap Kota Bandung berfoto bersama - (Sumber: Krisna/BJN)
Panitia gerak jalan RW 16 Jatihandap Kota Bandung berfoto bersama – (Sumber: Krisna/BJN)

Dengan adanya kegiatan jalan santai ini, diharapkan Peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke 214 tersebut tidak hanya sekedar upacara seremoni, tetapi juga sebagai kesempatan untuk menumbuhkan semangat untuk menjadikan Kota Bandung lebih baik sekaligus bisa menyatukan hubungan silaturahmi antar warga. (K.A./BJN)

***

Judul: Gerak Jalan Santai RW 16 Jatihandap dalam Rangka Puncak HKJB ke-214
Jurnalis: Krisna Aditya
Editor: JHK­­

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *