Berita Jabar NewsBJNPemerintahan

Desa Cihanjuang Kabupaten Bandung Barat Rayakan HUT Desa ke-234 Tahun

BERITA JABAR NEWS (BJN), Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (16/08/2024)Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-234 tahun yang diselenggarakan di Desa Cihajuang pada Kamis, 15 Agustus 2024. Kegiatan HUT Desa ini diisi dengan berbagai acara seni dan budaya yang dikemas dalam bentuk karnaval dan atraksi seni budaya yang sangat menarik.

Ribuan masyarakat Desa Cihanjuang yang terdiri anak-anak, remaja, dan orang tua ramai turun ke jalan ikut memeriahkan acara HUT Desa Cihanjuang. Mereka melebur ke dalam acara karnaval yang menampilkan aneka kreasi hasil kreativitas warga.

Dalam suasana terik matahari pagi yang cukup menyengat kulit, para peserta karnaval dan warga masyarakat tetap bersemangat melaksanakan perayaan desa mereka dengan gembira. Tidak ada kata lelah dari mulut mereka demi terciptanya keharmonisan antara pemerintah desa dengan warganya, apalagi momen seperti ini hanya dilakukan satu kali dalam setahun.

Panggung tempat acara perayaan HUT Desa Cihanjuang ke-234 tahun - (Sumber: Euis Rukiah/BJN)
Panggung tempat acara perayaan HUT Desa Cihanjuang ke-234 tahun – (Sumber: Euis Rukiah/BJN)
Kepala Desa Cihanjuang, Gagan Wirahma ikut dalam arak-arakan karnaval melebur bersama masyarakatnya - (Sumber: Euis Rukiah)
Kepala Desa Cihanjuang, Gagan Wirahma ikut dalam arak-arakan karnaval melebur bersama masyarakatnya – (Sumber: Euis Rukiah)

Tak jarang terdengar riuh rendah suara warga yang tertawa ketika melihat batraksi yang lucu. Mereka benar-benar menikmati acara ini sebagai hiburan gratis dan ajang tali silaturahim antar warga Desa Cihanjuang.

Kepala Desa Cihanjuang, Gagan Wirahma yang hadir dalam acara ulang tahun desa ini mengatakan bahwa diadakannya acara tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara aparat pemerintahan Desa Cihanjuang dengan warga yang dipimpinnya sehingga mereka bisa bersinergi dalam membangun desa.

Gagan Wirahma
Kepala Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Gagan Wirahma – (Sumber: Euis Rukiah/BJN)

Gagan mengatakan, meskipun dalam pelayanan terhadap kepentingan masyarakat masih ada kendala dan kekurangan, tetapi pihaknya beserta segenap aparat desa selalu berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik. Semua masalah dapat diselesaikan dengan cara musyawarah dan pendekatan secara intensif karena mengingat permasalahan yang ada di masyrakat itu sangat komplek.

“Contoh kecil dalam batuan dari pemerintah pusat belum sepenuhnya merata dikarenakan prioritas utama yang miskin extrim masuk dalam katagori tersebut, “ ungkap Gagan.

Menurut Gagan, walau pun masih banyak kekurangan. Namun, pihaknya berharap pada tahun-tahun berikutnya akan lebih baik lagi. Ia mengatakan bahwa pembangunan desa tidak bisa dilakukan sendiri tanpa keterlibatan warganya dan semua itu harus dilaksanakan secara berkesinambungan

“Karena Desa Cihajuang ini berdekatan dengan Kota Cimahi, mudah-mudahan dalam pembangunannya akan sama majunya. Ke depannya, walaupun Desa Cihanjuang masih banyak kekurangannya, tetapi jika kompak dilakukan bersama warga masyarakat dalam membangun desa, bisa dipastikan kesejehtraan warga masyarakat Desa Cihanjuang akan menjadi lebih maju,” pungkas Gagan.

Acara puncak dari HUT Desa Cihanjuang ke-234 tahun, pada malam harinya  dimeriahkan dengan pagelaran kesenian wayang golek, menampilkan dalang kesohor, Yogaswara “Giriharja 3”. Turut hadir tamu undangan dan para kepala desa se Kecamatan Parongpong, kabupaten Bandung Barat. (Euis Rukiah/BJN).

***

Judul: Desa Cihanjuang Kabupaten Bandung Barat Rayakan HUT Desa ke-234 Tahun
Kontributor: Euis Rukiah
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *