BeritaBerita Jabar NewsBudayaPerguruan Tinggi

Delegasi Indonesia Tampil dalam Cultural Exchange di ICRTH 2024

BERITA JABAR NEWS (BJN), Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/08/2024) – Delegasi Indonesia turut tampil dalam program pertukaran budaya (Cultural Exchange) dalam event ICRTH (International Conference on Tourism and Hospitality) 2024 yang dilaksanakan di Sarawak Malaysia. Penampilan budaya dilaksanakan pada Sabtu, 10 Agustus 2024 di Borneo Empurau Farm & Resort setelah menikmati makan malam. Program pertukaran budaya tersebut memiliki tujuan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan budaya Indonesia di kancah internasional.

Delegasi Indonesia ikut memeriahkan event ICRTH 2024 tersebut dengan beberapa penampilan, di antaranya Tari Merak dari Jawa Barat yang dibawakan oleh Titing Kartika, Dosen Pariwisata dari STIEPAR YAPARI Bandung. Sementara delegasi lain membawakan parade budaya nusantara yang mewakili pakaian dari berbagai provinsi di Indonesia.

Delegasi Indonesia bersama delegasi dari berbagai negara
Delegasi Indonesia bersama delegasi dari berbagai negara – (Sumber: TK/BJN)
Delegasi Indonesia yang tampil dalam Cultural Exchange ICRTH 2024, bersama tiga perwakilan negara Canada, Australia dan India
Delegasi Indonesia yang tampil dalam Cultural Exchange ICRTH 2024, bersama tiga perwakilan negara Canada, Australia dan India – (Sumber: TK/BJN)

Delegasi yang turut tampil dalam parade busana Nusantara antara lain: Taufiq Hidayat (STIEPAR YAPARI), Prof. Dr. Ahman (STIEPAR YAPARI), Rahmat Yuliawan (Universitas Airlangga), Karisma Sri Rahayu (Universitas Brawijaya), Rachma Bhakti Utami (Politeknik Negeri Malang), Khairani (Institut Pertanian Bogor) dan Lenny Yusrini Universitas Asa Indonesia (ASAINDO).

Acara berjalan lancar dipandu oleh Lenny Yusrini. Koordinator delegasi Indonesia untuk Cultural Exchange, Titing Kartika menyampaikan bahwa untuk mempersiapkan hal ini tidaklah mudah karena memiliki keterbatasan waktu serta mengingat delegasi yang hadir berada di provinsi yang berbeda.

Titing Kartika, Dosen STIEPAR YAPARI membawakan Tari Merak asal Jawa Barat
Titing Kartika, Dosen STIEPAR YAPARI membawakan Tari Merak asal Jawa Barat – (Sumber: TK/BJN)

“Sebagai persiapan, sebelumnya tim mengadakan pertemuan secara virtual untuk berbagi tugas,” ungkap Titing penuh semangat.

Namun demikian, penampilan budaya dari delegasi Indonesia mendapatkan apresiasi dari delegasi negara-negara lain,dan acara pun berjalan lancar dipandu oleh Lenny Yusrini. Sementara itu untuk dokumentasi dibantu oleh Kang Asep (Penggiat Desa Wisata Hanjeli-Sukabumi Jawa Barat) yang juga turut hadir bertepatan dengan penerimaan award dan meraih Gold Winner dalam acara Award International Centre for Responsible Tourism in Southeast Asia (ICRT-SEA).

Delegasi Indonesia yang tampil dalam Cultural Exchange ICRTH 2024 - (Sumber: TK/BJN)
Delegasi Indonesia yang tampil dalam Cultural Exchange ICRTH 2024 – (Sumber: TK/BJN)

Sebagai simbol pertukaran budaya, dilakukan penyerahan iket sunda Jawa Barat yang diberikan oleh Prof. Dr. Ahman, M.Pd (Ketua STIEPAR YAPARI) kepada perwakilan delegasi dari negara Canada ( Mr. Fergus Maclaren, the President of International Cultural Tourism Committee, ICOMOS, Canada and the Principal of MAC-DUFF Tourism, Heritage and Planning, perwakilan dari Australia (Dr. Aaron Tham-University of the Sunshine Coast, Australia Lecturer/Researcher) dan perwakilan dari India Mr. Manoj (Peserta Konferensi).

Penampilan delegasi Indonesia tersebut juga mendapat apresiasi dari salah satu Conference Chair Prof. Dr. Hiram Ting dan mengucapkan terima kasih kepada tim delegasi Indonesia yang sudah berkenan tampil di rangkaian ICRTH 2024. (TK/BJN).

***

Judul: Delegasi Indonesia Tampil dalam Cultural Exchange di ICRTH 2024
Kontributor: Titing Kartika
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *