BeritaBerita Jabar NewsBJNKesehatanPerguruan Tinggi

Berita Duka: Direktur Poltekkes Kemenkes Banten, Prof. Dr. Khayan, S.K.M, M.Kes., Meninggal Dunia

BERITA JABAR NEWS (BJN), Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (06/09/2024) – Direktur Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Banten, Prof. Dr. Khayan, S.K.M, M.Kes., hari ini (Rabu, 06/09/2024) meninggal dunia dengan tenang sekitar pukul 11.05 WIB. Almarhum sudah dimakamkan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Bertempat di Gedung Auditorium Prodi Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Banten, Tangerang, jenazah almarhum Prof. Dr. Khayan dilepas oleh drg. Diono Susilo Yuskasran, MPH, Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia mewakili Kemenkes.

“Atas nama pimpinan,  kami mewakili Ibu Dirjen Nakes, drg. Arianti Anaya, MKM yang sedang bertugas di Luar Negeri dan keluarga besar Kementerian Kesehatan menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas kepergian Almarhum Prof. Dr. Khayan, S.K.M., M.Kes. Kami semua ikut berdoa agar arwah beliau diterima di sisi Allah SWT sesuai amal dan ibadahnya, serta diampuni segala dosanya,” ujar drg. Diono.

drg. Diono Susilo Yuskasran, MPH, Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia
drg. Diono Susilo Yuskasran, MPH, Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia – (Sumber: Asep/BJN)

Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia tersebut juga tidak lupa mendoakan istri serta putra dan putri almarhum maupun keluarga yang ditinggalkan agar ikhlas dan diberikan kekuatan dan ketabahan dalam melepas kepergian almarhum Prof. Dr. Khayan.

Pada kesempatan tersebut drg. Diono menyampaikan bahwa di tengah-tengah upaya mengoptimalkan peran Poltekkes  dalam transformasi sistem kesehatan, mereka telah kehilangan pemimpin yang merupakan salah satu  penggerak pendidikan yang memiliki semangat dan ketulusan. Hal tersebut telah diwujudkan almarhum Prof. Dr. Khayan dalam bentuk keteladanan dan perhatian beliau melalui peningkatan kinerja dalam dunia Pendidikan.

Keluarga besar almarhum Prof. Dr. Khayan
Keluarga besar almarhum Prof. Dr. Khayan, S.K.M, M.Kes. – (Sumber: Asep/BJN)
Asep Zaenal Mustofa (batik merah, paling kiri), mantan Kepala Bapelkes Semarang hadir bersama Wakil Direktur Poltekkes Banten di depan peti jenazah almarhum Prof. Dr. Khayan
Asep Zaenal Mustofa (batik merah, paling kiri), mantan Kepala Bapelkes Semarang hadir bersama Wakil Direktur Poltekkes Banten di depan peti jenazah almarhum Prof. Dr. Khayan – (Sumber: Asep/BJN)

“Semua merasa bersyukur memiliki almarhum yang telah mendermakan keilmuan dan pengalamannya dalam bekerja kepada kita semua. Hal ini merupakan satu bentuk keteladanan yang diwariskan kepada kita untuk terus kita pelihara dan jaga. Almarhum dikenal orang yang baik dan bersahaja,“ tambah drg. Diono.

Selanjutnya  drg. Diono berharap agar keteladanan almarhum Prof. Dr. Khayan tersebut dapat dilanjutkan dan dipertahankan pada masa depan untuk membangun Poltekkes yang lebih baik, khususnya di lingkungan Poltekkes Kemenkes Banten. Ia mengajak semua yang hadir untuk membukakan pintu maaf atas kesalahan, kealpaan atau kekhilafan almarhum, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Kepada keluarga yang ditinggalkan, drg. Diono berpesan agar tali kekeluargaan antara keluarga dan keluarga besar Poltekkes Banten  yang telah terjalin selama ini tetap dipelihara di masa datang.

“Marilah kita iringi kepergian almarhum Prof. Dr. Khayan  dengan doa ikhlas. Kiranya Allah Subhana Wa Ta’ala menganugerahkan magfirah-Nya kepada almarhum dan memberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Amin. Akhirnya, atas nama pimpinan dan keluarga besar Kementerian Kesehatan, saya menyerahkan jenazah almarhum Prof. Dr. Khayan untuk diberangkatkan dan dimakamkan di Pontianak, Kalimantan Barat,” pungkas drg. Diono.

Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak memberikan sambutan sebelum almarhumah Prof. Dr. Khayan dimakamkan
Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak memberikan sambutan sebelum almarhumah Prof. Dr. Khayan dimakamkan -(Sumber: Asep/BJN)

Hadir pula pada acara pelepasan jenazah di Auditorium Jurusan Keperawatan Poltekkes Banten, Direktur Perencanaan Tenaga Kesehatan, Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan, dan Direktur Pengawasan Tenaga Kesehatan, serta Direktur Poltekkes Kemenkes RI dari Bandung, Tasikmalaya, Semarang, Pontianak, dan lain-lain.

Jenazah almarhum Prof. Dr. Khayan kemudian diberangkatkan ke Pontianak dan disemayamkan di Poltekkes Kemenkes Pontianak, tempat sebelumnya almarhum mengabdi. Sebelum dimakamkan, terlebih dahulu disalatkan. Pada kesempatan itu Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak memberikan sambutan terlebih dahulu.

Sekilas Riwayat Karir Almarhum Prof. Dr. Khayan, S.K.M, M.Kes.

Prof. Dr. Khayan, S.K.M, M.Kes., lahir di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Jumat, 13 Maret 1964 dan meninggal dunia dalam usia sudah mencapai 60 tahun lebih. Almarhum mengenyam pendidikan  dari Sekolah Dasar (SD) di SD Negeri Kelutan, Kabupaten Nganjuk.

Kemudian almarhum Prof. Dr. Khayan melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Papar, Kediri dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kabupaten Kediri.

Almarhum Prof. Dr. Khayan, S.K.M, M.Kes.
Almarhum Prof. Dr. Khayan, S.K.M, M.Kes. – (Sumber: imani-prokami.or.id)

Pendidikan tinggi almarhum Prof. Dr. Khayan dimulai ketika ia kuliah D-1 SPPH Surabaya, kemudian melanjutkan kuliah DIII di Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Sanitasi Padang. Lalu kuliah S-1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Jurusan Kesehatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan, Universitas Indonesia (UI).

Selanjutnya almarhum Prof. Dr. Khayan mengikuti pendidikan S2 dan S3 di Universitas Gajah Mada (UGM) yakni di PPS Peminatan Kesehatan Lingkungan dan S3 Program Doktor UGM Peminatan Kesehatan Lingkungan.

Karir pekerjaan almarhum Prof. Dr. Khayan dimulai sebagai Pelaksana Hygiene Sanitasi, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) sejak 1986-1991. Kemudian berkarir di SPPH/Akademi Kesehatan Lingkungan Pontianak sejak 1991 s.d. sekarang sebagai Dosen SPPH/Akademi Kes. Lingkungan (AKL) Pontianak. Selanjutnya jadi Ketua  Jurusan  Kesehatan Lingkungan,  Poltekkes Kemenkes Pontianak dan menjadi Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak pada periode 2010-2019. Sejak 2020-2024 almarhum menjadi Direktur Poltekkes Kemenkes Banten.

Seyogyanya almarhum Prof. Dr. Khayan selesai menjadi Direktur Poltekkes Kemenkes Banten pada 30 September 2024 dan akan kembali mengabdi di Pontianak pada 1 Oktober 2024. Namun, takdir Allah menetapkan beliau meninggal dunia pada 6 September 2024. Almarhum meninggalkan seorang istri  bernama Widyana Laksmi Puspita, dan 3 orang anak masing-masing bernama Bagus Muhammad Ihsan, Muhammad Ifham Hanif, dan Nasywa Zahida R.

***

Judul: Berita Duka: Direktur Poltekkes Kemenkes Banten, Prof. Dr. Khayan, S.K.M, M.Kes., Meninggal Dunia
Kontributor: Asep Zaenal Mustofa (AZM)
Editor: JHK

Advertorial

BeritaJabar.News

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *