BeritaBerita Jabar NewsKomunitas

Akademi Seni Bertarung Kyokushin Indonesia (ASBKI) Sukses Gelar Event “Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum Kormi Nasional 2024”

BERITA JABAR NEWS (BJN), Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Senin (22/07/2024)Akademi Seni Bertarung Kyokushin Indonesia (ASBKI) sukses menggelar eventTournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024”. Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman tersebut berlangsung pada Minggu (21/07/2024) di Gedung Sudirman, Pusdiklatpassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Menurut Ketua Panitia sekaligus Ketua Harian ASBKI, Yudhi Fitrah Pura, eventTournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024” ini diselenggarakan oleh ASBKI sebagai agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk membina dan mendidik para atlit.

“Ini adalah event nasional yang diselenggarakan di Pusdiklatpassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Seperti kita ketahui bersama, di sini adalah tempat wadah pendidikan ‘Kawah Candradimuka’ bagi prajurit-prajurit Pasukan Khusus,” ungkap Yudhi kepada awak media BERITA JABAR NEWS (BJN).

ASBKI
Suasana acara pembukaan event “Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024” – (Sumber: Arie/BJN)
Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024
Para peserta event “Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024” yang berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa – (Sumber: Arie/BJN)
event “Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024”
Jajaran Pengurus KORMI Nasional yang hadir dalam event “Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024” – (Sumber: Arie/BJN)

Yudhi menambahkan bahwa pertandingan olahraga yang diselenggarakan ini menganut sistem Full Contack Kyokushin. Menurutnya, pertandingan ini merupakan pertarungan yang cukup keras dikalangan olahraga bela diri karate. Kelas yang dipertandingan mulai dari Kelas Junior yang terdiri dari usia 10 -12 tahun, 13-14 tahun, 15-16 tahun, dan 17 tahun.

“Untuk 17 tahun ke atas itu kami kategorikan di Kelas Senior. Ada dua perbedaan antara Kelas Junior dan Kelas Junior. Pertama, pada Kelas Junior menggunakan protect karena mengingat mayoritas atlit-atlit ini berasal dari sekolah, jadi kami mempertimbangkan faktor keamanannya,” ungkap Yudhi dengan antusias.

Kemudian perbedaan yang kedua menggunakan sistem peraturan atau rule memukul ke arah bagian kepala sehingga dengan pengalaman-pengalaman tersebut atlit-atlit ASBKI bisa terjun ke event-event lain di luar Kyokusin, seperti Kick Boxing atau seni bela diri campuran Mixed Martial Arts (MMA), dan lain-lain.

“Tidak kurang dari 80 peserta binaan ASBKI mengikuti turnamen karate bergengsi ini. Mereka berasal dari beberapa perwakilan dari wilayah Pulau Jawa, seperti Bogor, Bandung, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Banten, Malang, Surabaya, dan Magelang,” pungkas Yudhi.

Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman - (Sumber: Arie/BJN)
Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman – (Sumber: Arie/BJN)

Pada kesempatan tersebut Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman mengatakan, ”Di sini kita menyaksikan bagaimana anak-anak kita digembleng untuk berfisik bugar dan bermental juara melalui Karate Kyokushin. Bangsa ini membutuhkan sangat banyak anak-anak seperti yang tadi saya sampaikan, berfisik bugar, bermental juara, menjadi kebanggan keluarga, kebanggaan daerah, dan kebanggaan Indonesia.”

Hayono Isman mengucapkan selamat kepada  Akademi Seni Bertarung Kyokushin Indonesia (ASBKI). Dia berharap lembaga ini menjadi semakin maju dan sukses menuju Indonesia Emas 2045.

Komisi Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB) KORMI Nasional, Awang Suwanda, S.Pd. yang turut hadir dalam acara tersebut berharap agar ASBKI bisa lebih maju lagi. Menurutnya, ASBKI ini unik di kancah nasional. Pernyataan ini ada benarnya, seperti dikutip dari id.wikipedi.org, Kyokushin memiliki beberapa kata yang tidak ditemui pada aliran lainnya, di antaranya Garyu, Yantsu, Tsuki no kata. Garyu diciptakan oleh Masutatsu Oyama. Nama “Garyu” sendiri berasal dari nama kampung di mana Oyama lahir.

Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman saat memberikan pengarahan kepada para peserta turnamen - (Sumber: Arie/BJN)
Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman saat memberikan pengarahan kepada para peserta turnamen – (Sumber: Arie/BJN)

“Semoga bisa ikut hadir di kancah nasional, KORMINAS, FORNAS kedelapan di NTB dan juga bisa ikut tampil di Arab Saudi nanti,” pungkas Awang.

Sementara itu beberapa perwakilan peserta yang merupakan perwakilan dojo dari berbagai daerah yang sempat awak media BERITA JABAR NEWS (BJN) wawancarai merasa bangga bisa ikut hadir di turnamen bergengsi tersebut, salah satunya Syarifah Nurfadilah yang berasal dari Dojo Jaguar Bandung.

Menurut mahasiswi Program Studi Sarjana Gizi   Institut Kesehatan Rajawali tersebut, dalam turnamen kali ini sistem pertandingan (kumite) menggunakan dua sistem yaitu serangan ke arah kepala dan serangan ke arah badan. Dia pun mengajak anak-anak dan remaja yang menyukai olahraga bela diri untuk bergabung di ASBKI.

Syarifah Nurfadilah, salah satu peserta turnamen yang berasal dari Dojo Jaguar Bandung
Syarifah Nurfadilah, salah satu peserta turnamen yang berasal dari Dojo Jaguar Bandung – (Sumber: Arie/BJN)

“Yuuuuk buat teman-teman yang mau bergabung, silahkan bergabung di Akademi Seni Bertarung Kyokushin Indonesia,” pungkas Syarifah yang memiliki akun Instagram @Syrfhfadil ini dengan penuh semangat.

Salah satu peserta turnamen Karate Kyokushin yang berasal dari Surabaya adalah Ryrie Ebenhaezer Silmalipa. Mahasiswa Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) ini merasa bangga bisa berada di Pusdiklatpassus Batujajar dalam rangka ikut bertarung memperebutkan piala Ketua Umum KORMI Nasional.

“Turnamen ini memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan buat saya karena saya dari Surabaya jauh-jauh datang ke bandung dan berhasil meraih juara ke-2. Itu semua juga karena Tuhan Yesus Kristus. Turnamen Full Contact yang diselenggarakan oleh ASBKI ini meninggalkan kesan mendalam bagi saya,” ungkap Ryrie.

Ryrie Ebenhaezer Silmalipa
Ryrie Ebenhaezer Silmalipa, salah satu peserta turnamen yang berasal dari Surabaya – (Sumber: Arie/BJN)

Kompetisi yang berlangsung sangat profesional ini, tambah Ryrie, menunjukkan semangat sportifitas dan fair play yang tinggi.

“Pengalaman ini menjadi salah satu momen paling berharga dalam karier olahraga saya. Terima kasih kepada pihak ASBKI yang telah menyelenggarakan acara dahsyat ini dan terima kasih kepada Ketua Umum KORMI Nasional yang telah men-support dan membuka acara ini, serta seluruh panitia atas penyelenggaraan turnamen yang luar biasa ini,” pungkas Ryrie dengan penuh semangat.

Peserta lainnya yang ikut dalam eventTournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024” adalah Alfiani Nur Putri Lestari, karateka asal Kabupaten Karawang. Menurutnya mahasiswi Bina Sarana Informatika (BSI) Jurusan Akuntansi tersebut, turnamen ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi para kyokushin yang ada di luar Jawa Barat.

“Saya berasal dari Klub ‘Karawang Tiger’. Silakan adik-adik atau siapapun yang ingin mengikuti kyokushin ini, silakan bergabung di dojo saya ‘Karawang Tiger’ yang ada di Karawang,” pungkas Alfiani sambil ternyum ramah.

Kegiatan turnamen yang memperebutkan piala Ketua Umum KORMI Nasional tersebut berjalan seru. Beberapa karateka anak-anak terlihat meringis kesakitan ketika dirinya terpental akibat terkena serangan lawan. Namun, dia tetap bangkit lagi dan melanjutkan pertarungan. Ini membuktikan bahwa mental anak-anak ini sudah mulai terasah dengan baik.

event “Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024”
Suasana pertandingan dalam event “Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024” – (Sumber: Arie/BJN)
Kyokushin
Para peserta dan keluarga sedang menonton jalannya pertandingan yang berlangsung di Gedung Sudirman Pusdiklatpassus Batujajar, Kab. Bandung Barat – (Sumber: Arie/BJN)
event “Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024”
Para panitia seksi pertandingan terlihat serius mengamati jalannya pertandingan – (Sumber: Arie/BJN)

Pertandingan karate yang terhitung keras ini tetap mengedepankan sportifitas. Hal ini terlihat ketika juri menentukan kemenangan kepada salah satu peserta maka keduanya akan saling memberi hormat dan saling berangkulan. Tak ada dendam di antara mereka.

Hasil akhir event “Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum KORMI Nasional 2024” adalah sebagai berikut:

Kelas Junior Putra:

Juara 1: Georgi
Juara 2 : Raihan Mauludin
Juara 3 : Kevin Pandu

Kelas Senior Putra:

Juara 1: Fitrah Ayase
Juara 2: Muchsin
Juara 3: M. Zeyhan Hanafi

Kyokushin
Kebahagiaan para atlit yang berhasil meraih juara – (Sumber: Arie/BJN)
Kebahagiaan para atlit yang berhasil meraih juara - (Sumber: Arie/BJN)
Kebahagiaan para atlit yang berhasil meraih juara – (Sumber: Arie/BJN)
Kebahagiaan para atlit yang berhasil meraih juara - (Sumber: Arie/BJN)
Kebahagiaan para atlit yang berhasil meraih juara – (Sumber: Arie/BJN)

Kelas Bebas Senior Putra:

Juara 1: Jhonathan Berlian
Juara 2: Saepul Indrawan
Juara 3: Fabian Zaim

Kelas Junior Putri:

Juara 1: Wafa Hanako
Juara 2: Karen Syasya
Juara 3: Lexa

Kebahagiaan para atlit yang berhasil meraih juara - (Sumber: Arie/BJN)
Kebahagiaan para atlit yang berhasil meraih juara – (Sumber: Arie/BJN)
Kebahagiaan para atlit yang berhasil meraih juara - (Sumber: Arie/BJN)
Kebahagiaan para atlit yang berhasil meraih juara – (Sumber: Arie/BJN)

Kelas Bebas Junior  Bebas:

Juara 1: Nichole Clay
Juara 2: Fadhilah Ayudhia Fitrah

Kelas Senior Putri:

Juara 1: Alfiani
Juara 2: Angeline Utomo
Juara 3: Syarifah Nur Fadhilah

The Best Fighter: Fitrah
The Best Spirit : Yudhistira Arie Prasetya

***

Judul: Akademi Seni Bertarung Kyokushin Indonesia (ASBKI) Sukses Gelar Event “Tournament Full Contact Kyokushin Karate Piala Ketua Umum Kormi Nasional 2024”
Reporter: Arie
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *