ArtikelBerita Jabar NewsOpini

Tips dan Trik Mendapatkan Awardee Beasiswa Kuliah

BERITA JABAR NEWS (BJN), Rubrik OPINI, Senin (12/08/2024) – Artikel berjudul “Tips dan Trik Mendapatkan Awardee Beasiswa Kuliah” ini merupakan buah karya Iis Aisyah, alumni MAS Persis 87, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Ngapain sekolah tinggi-tinggi, ngabisin uang aja,” ucap orang-orang yang berpikiran sempit dan tidak mau melihat orang lain maju.

Hai … hai …, untuk kalian yang masih menempuh pendidikan SMA, MA, SMK dan pendidikan yang setingkat dengan itu, jangan putus harapan ya kalau tidak memiliki biaya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Meskipun kalian tidak terlahir dari keluarga yang kaya raya, tetapi melanjutkan pendidikan merupakan hal yang layak kalian dapatkan.

Nah, menurut Hukum Wilson ─ James Wilson (14 September 1742 – 21 Agustus 1798) adalah salah seorang Bapak Pendiri Amerika Serikat sekaligus penanda tangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat, “Jika kamu mengutamakan ilmu dan pengetahuan, uang akan datang dengan sendirinya.” Oleh karena itu kalian harus semangat dan memiliki motivasi untuk maju. Tidak saja harus dilandasi oleh niat yang tulus dan ikhlas.

Kuliah
ILustrasi: Suasana kuliah di sebuah kampus perguruan tinggi – (Sumber: Arie/BJN)

Banyak sekali orang yang tidak melanjutkan pendidikannya hanya karena ekonomi keluarganya yang sulit dan tidak mampu membiayai uang kuliahnya. Namun, kalian tidak perlu berkecil hati. Sekarang kalian masih bisa mewujudkan mimpi itu tanpa harus membebankan biaya kepada orang tua.

Saat ini sudah banyak beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun non pemerintah, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta, seperti SNBP, SNBT, KIP K, Beasiswa Djarum, Beasiswa BRI, Beasiswa Unggulan, Beasiswa Perintis, Beasiswa Osc, dan masih banyak lainnya. Tentu peluang ini bisa kalian manfaatkan dengan mempelajari persyaratannya.

Ada beberapa tips dan trik yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan beasiswa tersebut, di antaranya adalah:

Pertama, buat kalian yang sekarang masih berada di kelas 10/11, bisa kok nyicil dari sekarang dengan belajar sungguh-sungguh dan diusahakan nilai rapotnya jangan turun ya karena ada SNBP PTN di kelas 12 nanti. Perlu kalian ketahui, SNBP ini tanpa tes loh. Oleh  karena SNBP itu dipilih melalui jalur prestasi siswa eligible atau yang masuk ranking 10 besar. Siswa yang memenuhi syarat nantinya bakalan diseleksi dengan setiap murid eligible di seluruh Indonesia.

Kedua, pelajari setiap mata pelajaran dengan sungguh-sungguh. Dalam pencarian awardee beasiswa biasanya sering dilakukan tes tulis. Biasanya isi tes tersebut adalah soal soal yang pernah kalian pelajari selama menempuh pendidikan SMA dan sederajat.

Ketiga, mengikuti kegiatan yang bermanfaat, baik itu berupa lomba, kegiatan sekolah atau apapun itu yang bermanfaat. Selain menambah relasi, biasanya beberapa kegiatan yang kalian ikuti itu akan memperoleh sertifikat yang nantinya bisa membantu untuk memperkuat peluang mmendapatkan beasiswa.

Keempat, selalu beribadah dan berdoa kepada Tuhan supaya diberi kelancaran dan kemudahan pada setiap langkah yang kalian ambil.

Nah, itu dia tips dan trik yang bisa kalian lakukan agar tetap bisa menjalani pendidikan sebagai mahasiswa nantinya.

Ada info tambahan lagi nih! Biasanya di setiap perekrutan awardee beasiswa itu setidaknya ada tiga tahap yang harus kalian jalani, yaitu tes tulis, tes berkas, dan wawancara. Jangan lupa kalian mempersiapkan diri untuk menjalaninya.

Buat kalian yang masih kelas duduk dibangku kelas 11 SMA, MA, SMK atau yang sederajat, sebentar lagi bakalan dibuka beasiswa Osc untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Info seputar pendaftaran beasiswa Osc buat S1 maupun S2 full sampai lulus bisa kalian lihat di akun Instagram: @beasiswaosc.

Jangan sampai ada yang menghalangi langkah kalian ya. Ayo semangat! (Iis Aisyah/BJN).

***

Judul: Tips dan Trik Mendapatkan Awardee Beasiswa Kuliah  
Kontributor: Iis Aisyah
Editor: JHK

Sekilas tentang penulis

Iis Aisyah
Iis Aisyah, penulis – (Sumber: koleksi pribadi/BJN)

Gadis bernama lengkap Iis Aisyah ini berasal dari Kota Garut, Jawa Barat. Saat ini ia baru saja menyelesaikan studinya di MAS Persis 87 Pangatikan, Jalan Sukaraja No 298, Desa Sukarasa, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Gadis kelahiran Garut, 24 Januari 2007 ini mengatakan bahwa ia suka menulis puisi. Iis pernah menulis puisi tentang Palestina. Puisi tersebut dibuatnya sebagai sumbangannya kepada bangsa Palestina yang sampai saat ini menderita karena dijajah oleh bangsa Yahudi. Ia berharap puisi ini mampu meningkatkan gairah pembaca untuk selalu setia membela bangsa Palestina.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini bercita-cita ingin menjadi seorang dosen sastra. Ia sangat suka menulis, terutama jenis tulisan fiksi. Banyak sekali ide-ide liar yang menari dikepalanya dan ingin ia keluarkan dan rangkai menjadi kalimat-kalimat indah yang penuh makna.

“Tugas kita bukan hanya menjadi yang terbaik untuk diri kita sendiri. Namun, mampu membantu orang lain menjadi yang terbaik,” pungkas Iis berfilosofi.

***

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *