Berita Jabar NewsBJNLiterasi

340 Komunitas Penggerak Literasi dari Seluruh Indonesia Hadir di Jakarta Mengikuti Pembekalan Calon Penerima Bantuan Pemerintah

BERITA JABAR NEWS (BJN), Jakarta, Kamis (29/08/2024) – Sebanyak 340 komunitas penggerak literasi dari seluruh indonesia hadir di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta. Mereka berkumpul sejak 28-30 Agustus 2024 untuk mengikuti pembekalan calon penerima bantuan pemerintah, yaitu dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Malam Pembukaan acara pembekalan calon penerima bantuan pemerintah tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. dan Plt. Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Hafidz Muksin, S.Sos., M.Si.

Malam Pembukaan oleh Plt. Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Hafidz Muksin
Plt. Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Hafidz Muksin, S.Sos., M.Si. saat menyampaikan kata sambutannya pada malam acara pembukaan – (Sumber: Febri/BJN)
Sambutan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. - (Sumber: Febri/BJN)
Sambutan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. – (Sumber: Febri/BJN)

Tak kurang dari 1.352 komunitas penggerak literasi yang ikut mendaftar bantuan pemerintah tahun 2024. Namun, dari jumlah tersebut hanya 846 komunitas yang memenuhi persyaratan dokumen administrasi. Setelah dilakukan penyaringan secara ketat, akhirnya hanya 340 komunitas yang dinyatakan lulus dan terpilih, 22 komunitas di antaranya berasal dari Jawa Barat, salah satunya adalah Dongeng Ceria.

Simbolis Penandatanganan perjanjian kerjasama 340 komunitas penggerak literasi penerima bantuan pemerintah 2024
Simbolis Penandatanganan perjanjian kerjasama 340 komunitas penggerak literasi penerima bantuan pemerintah 2024 – (Sumber: Febri/BJN)
Simbolis Penyerahan Bantuan Pemerintah Rp 50 juta untuk 340 Komunitas Penggerak Literasi
Simbolis Penyerahan Bantuan Pemerintah Rp 50 juta untuk 340 Komunitas Penggerak Literasi – (Sumber: Febri/BJN)

Dongeng Ceria merupakan komunitas yang sudah aktif sejak 2014. Komunitas ini sudah sering melakukan roadshow dongeng ke sekolah-sekolah seluruh Indonesia yang bertujuan menumbuhkan minat literasi, khususnya untuk anak-anak.

Selain roadshow dongeng, Dongeng Ceria juga secara berkala menggelar pelatihan dongeng, baik online maupun offline di berbagai kota (Jakarta, Bekasi, Cimahi, dll) terutama untuk para guru TK dan Sekolah Dasar.

Reporter BJN, Febri Satria Yazid
Reporter BJN, Febri Satria Yazid – (Sumber: BJN)

Dongeng Ceria menjadi salah satu penerima bantuan pemerintah sebesar 50 juta Rupiah untuk mengadakan penguatan komunitas literasi, penambahan koleksi bacaan, dan penguatan literasi masyarakat yakni dengan pengadaan pelatihan dongeng untuk Guru dan Anak-anak, terutama di wilayah Bekasi, Jawa Barat.

Hal yang mendasari pemerintah memberikan bantuan untuk komunitas penggerak literasi adalah pertimbangan bahwa inisiatif komunitas penggerak literasi di Indonesia untuk memajukan literasi masyarakat saat ini terus meningkat. Dengan adanya bantuan pemerintah ini, komunitas penggerak literasi diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah dalam mendukung salah satu program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yaitu literasi kebahasaan dan kesastraan.

Peran dan keberadaan komunitas penggerak literasi banyak yang belum optimal karena keterbatasan sumber daya anggaran sehingga berdasarkan pertimbangan tersebut, bantuan pemerintah 2024 ini merupakan hal yang amat penting bagi geliat komunitas penggerak literasi. (FSY/BJN).

***

Judul: 340 Komunitas Penggerak Literasi dari Seluruh Indonesia Hadir di Jakarta Mengikuti Pembekalan Calon Penerima Bantuan Pemerintah
Kontributor: Febri Satria Yazid
Editor: JHK

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *